Daerah Kamis, 20 Januari 2022 | 06:01

Viral Pria Tua di Majene Sulbar Perbaiki Jalan Rusak Seorang Diri

Lihat Foto Viral Pria Tua di Majene Sulbar Perbaiki Jalan Rusak Seorang Diri Pria tua di Majene Sulbar perbaiki jalan rusak. (Foto: Screenshot video)
Editor: Rio Anthony

Majene - Seorang pria tua di Majene Sulawesi Barat (Sulbar) memperbaiki jalan rusak seorang diri. Videonya pun viral di Media sosial (Medsos).

Video tersebut telah dibagikan ribuan kali dan dibanjiri komentar dari warganet.

Pria tua tersebut bernama Malla 63 tahun, dia merupakan warga lingkungan Rangas Barat, Kelurahan Rangas, Kecamatan Banggae.

Pria lima anak ini mengaku sudah sepekan menghabiskan waktu memperbaiki kerusakan jalan di Jalur Lintas Barat Sulawesi, tepatnya di titik jalan menghubungkan Rangas-Palipi Soreang.

"Sudah enam hari saya di sini, setiap hari melakukan ini,"ungkap Malla kepada wartawan, Rabu siang 19 Januari 2022.

Hingga hari ini, Malla sudah memperbaiki jalan yang rusak sepanjang 100 meter. Hati Malla tergerak untuk memperbaiki jalan tersebut karena sudah bertahun-tahun tidak diperbaiki pemerintah setempat.

Bahkan tak terhitung kecelakaan yang terjadi di wilayah tersebut akibat jalan rusak.

Karena alasan itu sehingga tergerak hati Malla untuk memperbaikinya. Berbekal linggis, sekop, palu, dan gerobak kayu yang dibuat sendiri, Malla berusaha membuat permukaan jalan menjadi rata, agar lebih nyaman dilalui pengendara.

"Kondisi jalan ini membahayakan pengguna jalan, sehingga timbul keyakinan saya untuk memperbaikinya," ujar Malla.

Menurut Malla, aksinya menimbun jalan dilakukan atas keinginan sendiri, bukan perintah orang lain. Dia rela menghabiskan waktu di tempat ini, hanya untuk memperbaiki kondisi jalan.

"Saya sendiri yang ingin melakukan tidak ada yang menyuruh. Sudah enam hari saya di sini, setiap hari melakukan ini. Saya di sini mulai jam delapan pagi sampai jam lima sore," ungkapnya.

Malla mengaku tidak pulang ke rumah, walau sekedar untuk istirahat makan siang.

"Saya istirahat jam 12.00, saya makan di sini, makanan saya bawa dari rumah," terangnya.

Aktivitas yang dia lakukan yakni, menggali tanah yang menonjol kemudia menambalnya ke jalanan yang berlubang menggunakan gerobak yang dia bawa dari rumah.

"Cuman ini saja, batu saya kasih dulu, kalau terlalu rendah saya kasih batu, baru kasih pasir," tuturnya.

Malla berharap pemerintah setempat memperhatikan kondisi jalan tersebut demi kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya