Hiburan Kamis, 24 Maret 2022 | 07:03

Aktor Senior Rano Karno Ngaku Hidup Tanpa Empedu

Lihat Foto Aktor Senior Rano Karno Ngaku Hidup Tanpa Empedu Aktor senior Rano Karno. (Foto: Instagram/si.rano)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Aktor kawakan Rano Karno harus hidup tanpa salah satu organ vital di tubuhnya, yakni empedu. Hal itu diungkapkan langsung oleh bintang film Si Doel Anak Sekolahan kepada awak media.

Dalam sebuah wawancara, Rano Karno mengaku telah menjalani operasi pengangkatan empedu. Hal itu disebabkan lantaran pola makan tidak sehat yang dijalaninya selama ini.

"Kemarin itu operasi empedu saya, jadi sekarang saya enggak punya empedu," tutur Rano Karno, dikutip Opsi pada Kamis, 24 Maret 2022.

Mengutip dari berbagai sumber, empedu merupakan salah satu organ paling vital dalam tubuh manusia. Empedu adalah cairan bersifat basa yang pahit dan berwarna hijau kekuningan.

Warna tersebut dihasilkan karena empedu mengandung pigmen bilirubin, biliverdin, dan urobilin, yang disekresikan oleh hepatosit hati pada sebagian besar vertebrata.

Empedu digunakan untuk membantu pencernaan lemak di usus dua belas jari.

Baca juga: Jangan Anggap Enteng Sakit Kepala, Kenali Jenis-jenis dan Pemicunya

Baca juga: Kenali 3 Gejala Terserang Stroke Bisa Terjadi Mendadak

Dalam manusia, setiap hari sekitar 400-800cc cairan empedu disekresikan oleh hati di mana sekresinya berjalan terus menerus. Jumlah yang disekresikan akan meningkat jika sedang mencerna lemak. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya