News Kamis, 26 Mei 2022 | 16:05

Apriyani Rahayu Masuk Forbes 30 Under 30 Asia, Sejajar Bintang K-Pop

Lihat Foto Apriyani Rahayu Masuk Forbes 30 Under 30 Asia, Sejajar Bintang K-Pop Apriyani Rahayu. (Foto: PBSI)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Pebulutangkis putri Indonesia Apriyani Rahayu, tercatat masuk salah satu anggota Forbes 30 Under 30 Asia untuk Tahun 2022.

Apriyani masuk dalam kategori Entertainment and Sports. Peraih medali emas ganda putri Olimpiade Tokyo 2020 bersama Greysia Polii itu satu-satunya atlet Indonesia yang masuk daftar tersebut.

Dilihat pada profil tampilan laman forbes.com, dijelaskan Apriyani Rahayu mengukir sejarah di Olimpiade Tokyo dengan meraih emas di nomor ganda bulu tangkis bersama pasangannya Greysia Polii.

Membuat Indonesia menjadi negara kedua setelah China yang meraih kelima medali emas di cabang olahraga tersebut. 

Apriyani bergabung dengan tim nasional pada tahun 2017 pada usia 19, dan dalam waktu enam bulan pasangan ini masuk ke peringkat 10 besar dunia dan melesat sebagai ganda putri nomor 6. 

Apri telah mengumpulkan lebih dari 1 juta pengikut Instagram dan merupakan duta merek untuk Vivo Indonesia dan Indomie.

Untuk cabang olahraga bulu tangkis, nama lain yang masuk daftar ini adalah Loh Kean Yew.

Loh orang Singapura pertama yang dinobatkan sebagai juara dunia bulu tangkis setelah memenangkan gelar tunggal di Kejuaraan Dunia BWF 2021 pada Desember. 

Lahir di Malaysia, Loh mengambil kewarganegaraan Singapura dan menjadi pembawa bendera negara itu pada upacara pembukaan Olimpiade Tokyo. Dia saat ini pemilik ranking nomor 10 di peringkat dunia BWF.

Baca juga:

All England 2022: Greysia Polii/Apriyani Rahayu Melaju

Dari kalangan artis muncul nama Prilly Latuconsina. Sosok selebriti multitalenta dengan jumlah pengikut Instagram tertinggi ketiga di antara influencer Indonesia. 

Dia telah membintangi lebih dari 20 film dan serial drama, memenangkan penghargaan seperti Aktris Pilihan Pemirsa 2021 oleh Festival Film Indonesia. 

Latuconsina juga telah merilis dua album profesional dan bermitra dengan sutradara debutan Umay Shahab untuk mendirikan Sinemaku Pictures, dengan film pertamanya yang tayang perdana tahun ini.

Ada juga grup K-pop, Aespa. Grup ini melakukan debut mereka pada tahun 2020 dengan single "Black Mamba," kuartet ini sudah menjadi salah satu girl grup terpanas di K-pop. 

Lagu Aespa yang paling populer adalah "Next Level", dirilis pada Mei 2021, dengan lebih dari 215 juta penayangan di YouTube.

Grup ini memenangkan Artist of the Year di Golden Disc Awards 2022, Artis Wanita Baru Terbaik di Mnet Asian Music Awards 2021 dan Best Korean Act di MTV Europe Music Awards 2021. Aespa juga menjadi brand ambassador untuk Givenchy tahun lalu.

Nama atlet renang Australia, Kyle Chalmers juga ada di jajaran Forbes 30 Under 30 Asia tersebut. 

Pada usia 18 tahun, Kyle Chalmers memenangkan emas gaya bebas 100m pertama Australia dalam 48 tahun di Olimpiade Rio 2016. 

Di Tokyo tahun lalu dia kehilangan emas hanya dengan seperenam ratus detik setelah mengalami banyak cedera dan operasi di jantung dan bahunya. 

Chalmers kemudian memenangkan emas di 7 dari 12 acara yang dia ikuti di Piala Dunia Renang 2021 dan mengatakan dia menargetkan emas Olimpiade lainnya di Paris pada 2024.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya