Daerah Senin, 27 Desember 2021 | 20:12

Banjir di Muara Enim, 71 KK Terdampak

Lihat Foto Banjir di Muara Enim, 71 KK Terdampak Banjir melanda dua kelurahan di Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan pada Senin, 27 Desember 2021 pukul 04.00 waktu setempat. (Foto: BNPB)
Editor: Tigor Munte

Muara Enim - Banjir melanda dua desa di Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan, pada Senin, 27 Desember 2021 dini hari pukul 04.00 WIB. Sejumlah warga dievakuasi ke tempat aman.

Merespons kejadian, BPBD Kabupaten Muara Enim melakukan upaya penanganan darurat saat banjir melanda Kelurahan Air Lintang dan Pasar II. 

Tim Reaksi Cepat BPBD bersama TNI dan Polri mengevakuasi warga yang membutuhkan pertolongan menuju ke tempat ibadah yang tidak terendam banjir. 

Data sementara BPBD menyebutkan sebanyak 71 KK terdampak genangan yang terpantau hingga 150 sentimeter di beberapa titik. 

Menurut laporan BPBD setempat, banjir disebabkan beberapa faktor, seperti hujan lebat berdurasi panjang, kiriman air dari bagian hulu hingga tersumbatnya drainase serta rusaknya tanggul air. 

Prakiraan cuaca Kecamatan Muara Enim pada Selasa, 28 Desember 2021 terpantau berpotensi hujan ringan, hujan petir, dan hujan sedang. 

Sementara itu, berdasarkan kajian inaRISK, Kabupaten Muara Enim memiliki 19 kecamatan dengan potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. 

Salah satu wilayah tersebut, yaitu Kecamatan Muara Enim yang terdampak banjir pada Senin dini hari. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya