News Jum'at, 08 April 2022 | 15:04

BaraJP akan Tetap Suarakan Jokowi 3 Periode, Utje: Bukan tentang Periuk Nasi

Lihat Foto BaraJP akan Tetap Suarakan Jokowi 3 Periode, Utje: Bukan tentang Periuk Nasi Utje Gustaaf Patty, Ketua Umum BaraJP (Foto: Istimewa)
Editor: Fetra Tumanggor

Jakarta - "Suatu hari di bulan Februari 2014, beberapa hari sebelum Pak Jokowi ditetapkan sebagai calon presiden oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati, saya (Utje Gustaaf Patty - Sekjen DPP BaraJP 2014) dan Sihol Manullang (Ketua Umum DPP BaraJP 2014) atas dorongan Alm Cornelis Lay diundang oleh Bung Muradi (Guru Besar Unpad dan menjadi salah seorang anggota Tim 11 bentukan Ibu Megawati yang kemudian tim ini ditugaskan membantu Pak Jokowi mempersiapkan diri menghadapi Pilpres 2014) untuk ngopi santai di suatu tempat di Episentrum Kuningan."

Demikian cerita Utje Gustaaf Patty, sekarang sebagai Ketua Umum BaraJP, kepada Opsi.id, Jumat, 8 April 2022.

Utje melanjutkan ceritanya: "Dalam acara santai itu, Bung Muradi bertanya pada kami berdua; abang-abang ini kalau Pak Jokowi jadi Presiden, mau dijadikan apa?. Kami kaget dan tak menduga. Sejenak kemudian kami berdua menjawab: "Kami BaraJP akan bubar setelah Pak Jokowi terpilih menjadi Presiden. Sihol mau mengurus media online Baranews dan saya mau mendirikan lembaga khusus untuk mengurus air di NTT."

Menurut Utje, keinginan mengusung Jokowi menjadi presiden jelas bukan tentang periuk nasi, tapi tentang membangun negeri. Setelah Jokowi terpilih menjadi presiden, di bulan Agustus 2014 dalam Kongres Nasional I BaraJP,  Jokowi meminta BaraJP tidak bubar, dan berharap BaraJP bersama sekian banyak elemen relawan lain bisa menjadi mata dan telinga beliau di tengah masyarakat.

"Dan dalam suatu pertemuan lain, beliau berjanji akan memberi perhatian lebih pada Kawasan Timur Indonesia, termasuk NTT. Entah sudah seberapa jauh Pak Jokowi membantu pembangunan di NTT dan Kawasan Timur Indonesia lainnya, tapi sampai saat ini kami BaraJP sangat bersyukur mendukung pemimpin seperti beliau," kata Utje.

Dia melanjutkan yang paling membanggakan bagi BaraJP adalah pada tanggal 8 Januari 2018 Jokowi datang untuk menutup Rapat Koordinasi Nasional BaraJP di Pulau Rote, pulau yang secara simbolik menjadi bagian ter-selatan di Indonesia dan bahkan di Asia.

"Rote yang sejak Kemerdekaan RI tak pernah didatangi oleh Presiden Indonesia, akhirnya setelah menunggu 73 tahun, Presiden RI menjejakkan kakinya di pulau itu," ujar Utje.

Dia mengatakan Presiden Jokowi memberi kepastian bahwa pembangunan republik ini berorientasi pada "Indonesia Sentris" yang menjamin pembangunan dan merata dan berkesinambungan di seluruh pelosok Nusantara.

"Dan Kawasan Timur Indonesia terbangun dengan masif tanpa beliau lupa membangun Kawasan Barat Indonesia dan Kawasan Tengah Indonesia, semua wilayah NKRI adalah anak kandung Ibu Pertiwi," ucapnya.

"Untuk itu kami BaraJP berpendapat bahwa Indonesia masih membutuhkan beliau lebih lama menjadi Presiden agar Kawasan Timur Indonesia dapat mengejar ketertinggalannya."

Utje menegaskan ini merupakan tanggung jawab sebagai anak bangsa terlebih bagi yang lahir dan berdarah Indonesia Timur. "Bentuk tanggung jawab kami sebagai generasi penerus pada para tetua dan nenek moyang kami yang memilih menjadi bagian dari NKRI -- bahwa seluruh bagian NKRI ikut menikmati hasil pembangunan negeri," katanya.

Dia mengatakan Jokowi pantas diberi kesempatan menjalani periode presiden ketiga melalui Pemilu 2024.

"Kita negara demokrasi, tentu bebas memberi pendapat. Toh harapan itu hanya dapat terwujud jika para wakil rakyat di MPR berhendak untuk mengamandemen UUD`45. Mengamandemen UUD`45 jelas bukan ranah kami, dan jika kami dianggap hanya bagian kecil dari masyarakat, maka BaraJP akan tetap menyuarakan tekad dan sikap Jokowi 3 Periode yang akan kami lakukan dengan cara-cara bermartabat, yang jauh dari cara anarkis dan ini jelas bukan tentang periuk nasi," ujarnya.

"Jikapun Jokowi menolak, minimal BaraJP sudah menyuarakan aspirasi kami, keluarga kami, teman-teman kami, lingkungan kami dan kelompok kami -- yang berkehendak Jokowi 3 Periode," tuturnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya