News Minggu, 06 Maret 2022 | 18:03

Disiapkan Rekayasa Lalu Lintas Menuju Sirkuit Mandalika

Lihat Foto Disiapkan Rekayasa Lalu Lintas Menuju Sirkuit Mandalika Konferensi pers persiapan MotoGP Mandalika, Minggu, 6 Maret 2022. (Foto: Tangkapan Layar)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto memastikan pihaknya sudah melakukan rekayasa lalu lintas menuju areal Sirkuit Mandalika.

Hal itu dilakukan agar tidak terjadi penumpukan orang dan kendaraan penonton yang datang dari lima pintu masuk menuju sirkuit.

Sejumlah pintu masuk penonton di antaranya dari Pelabuhan Gili Mas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Kayangan, dan Bandara Internasional Lombok.

"Kami terus melakukan koordinasi dengan aparat terkait untuk melaksanakan rekayasa lalu lintas, yaitu untuk jalur darat dari lima pintu. Gili Mas, Bangsal, Lembar, Kayangan, termasuk dari bandara semua sudah kami laksanakan rekayasa. Sehingga diharapkan tidak terjadi crowded termasuk juga persiapan akomodasi juga semuanya sudah siap," kata Hadi dalam konferensi pers persiapan Pertamina Grand Prix of Indonesia, Minggu, 6 Maret 2022.

Dengan adanya rekayasa ini kata dia, diharapkan para penonton nantinya tidak perlu khawatir. "Datang saja ke Mandalika, pasti dapat tempat tidak usah khawatir pasti kami layani dengan baik," tukasnya.

Hadi sebelumnya mengatakan, waktu tersisa 12 hari lagi menjelang pelaksanaan motogp, infrastruktur pendukung terus dikerjakan.

Baca juga: Kemenhub Siapkan 278 Unit Bus untuk Angkutan Penonton ke Sirkuit Mandalika

Di antaranya pembenahan bypass mulai dari Bandara Internasional Lombok sampai dengan Bundaran Sunggung.

"Sampai saat ini semuanya berjalan dengan baik, rata-rata 80 persen. Baik median jalan, penghijauan kiri kanan, kemudian pembenahan di titik sepanjang by pass juga Bundaran Sunggung sudah 80 persen dan ditambah lagi jalan menuju sirkuit yang dibagi dalam tiga segmen, mulai dari Sunggung ke tribune three, menjadi dua jalur, artinya dua jalur berangkat dua jalur pulang," terangnya.

Sedangkan pembenahan-pembenahan di sirkuit juga sudah dicek ke lapangan, trek resurfacing sudah dilaksanakan dengan baik. "Insyaallah tanggal 8 Maret sudah selesai," jelasnya. 

Gubernur NTB Zulkieflimansyah pada kesempatan itu atas nama pemerintah dan masyarakat NTB mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Menteri BUMN terutama yang hampir setiap saat berkoordinasi memberikan arahan, sehingga NTB betul-betul siap menjadi tuan rumah mensukseskan motogp.

"Terima kasih juga Pak Tiko, Pak Pahala, sinergi BUMN ini luar biasa, demikian juga Pak Doni yang sering sekali berkoordinasi soal tiket dan demikian juga komandan lapangan kita jenderal kita, Pak Hadi yang setiap hari memberi support tanpa kenal lelah untuk mensukseskan event ini," katanya. []

 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya