News Sabtu, 23 April 2022 | 12:04

DPD GAMKI Sumut Sepakat Jalin Kerja Sama Moderasi Beragama dengan UINSU

Lihat Foto DPD GAMKI Sumut Sepakat Jalin Kerja Sama Moderasi Beragama dengan UINSU DPD GAMKI Sumatra Utara beraudiensi dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatra Utara.(Foto: Istimewa)

Jakarta - DPD Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Sumatra Utara (Sumut) ingin menjalin kerja sama kemitraan dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumut lewat "Kajian Moderasi Beragama Sumatra Utara".

GAMKI juga bakal mengundang rektor dan civitas akademika UIN Sumut dalam acara-acara yang bertema kerukunan dan moderasi beragama yang dilaksanakan organisasi pemuda Kristen tersebut.

"Kami juga siap menjadi mitra mahasiswa KKN UIN Sumut di berbagai lokasi KKN mahasiswa," kata Ketua DPD GAMKI Sumut Darwin Sitompul diwakilkan Sekretaris Swangro Lumbanbatu, didampingi Hamonangan Sinaga saat melakukan audiensi dengan Rektor UIN Sumut, Prof. Dr. H. Syahrin Harahap, di Kampus UIN Sumut, Jalan Sutomo Medan, Jumat, 22 April 2022.

Merespons itu, Rektor UIN Sumut, Prof. Syahrin menyambut baik program kemitraan dari GAMKI Sumut. Dia juga memberikan penghargaan yang tinggi atas kunjungan tersebut.

Apalagi, lanjutnya, dalam waktu dekat umat Islam akan merayakan Idul Fitri 1443 H yang tentunya perlu dikawal bersama seluruh masyarakat dengan mengedepankan toleransi yakni saling hormat-menghormati dan menjaga kondusifitas.

"Kita berharap GAMKI dapat menjadi salah satu mitra strategis bagi Pusat Kajian Moderasi Beragama UINSU dalam melakukan kerja-kerja untuk penegakan kerukunan dan harmoni kehidupan beragama di Sumatera Utara," ujar Syahrin didampingi Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UIN Sumut, Dr. Maraimbang Daulay, dan Dr. Solahuddin Harahap.

Dia menegaskan, UINSU memberikan perhatian yang tinggi kepada persoalan toleransi dan moderasi beragama. Lanjutnya, mengungkapkan, membangun moderasi beragama telah menjadi bagian dari visi UINSU.

Untuk mengawal pelaksanaan visi moderasi beragama tersebut, lanjut Syahrin, UINSU telah membentuk Pusat Kajian Moderasi Beragama yang diharapkan dapat concern dalam melakukan riset, sosialisasi, membangun kemitraan sebagai upaya membangun moderasi beragama di Sumut.

Apalagi, sambungnya, moderasi beragama ini merupakan salah satu program yang mendapatkan atensi secara serius dari Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya