News Rabu, 18 Januari 2023 | 11:01

DPR Desak Kepolisian Gali Penyebab Terjadinya Bentrokan Berdarah di PT GNI

Lihat Foto DPR Desak Kepolisian Gali Penyebab Terjadinya Bentrokan Berdarah di PT GNI Anggota Komisi XI DPR, Netty Prasetiyani Aher.(Foto:Opsi/Istimewa)

Jakarta - Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani meminta kepolisian mengusut tuntas bentrokan berdarah yang terjadi pada Sabtu, 14 Januari 2023 di PT Gunbuster Nickel Industri (GNI).

"Usut tuntas bentrokan berdarah yang menewaskan 2 orang korban di PT GNI. Pihak-pihak yang terbukti bersalah harus diproses secara hukum," kata Netty dalam keterangan yang dikutip pada Rabu, 18 Januari 2023.

Kendati demikian, ia meminta agar pengusutan tidak hanya berfokus pada dampak kerusuhan, tapi juga penyebab terjadinya kerusuhan tersebut.

"Penyebab yang menjadi pemicu kerusuhan ini harus digali dan jangan pernah diabaikan. Apalagi kericuhan ini bermula dari unjuk rasa pekerja yang menuntut perusahaan. Apa yang mereka tuntut, kenapa mereka unjuk rasa? Ini semua harus jelas," ujarnya.

"Aparat harus menindak jika ditemukan unsur kelalaian yang menjadi penyebab terjadinya kerusuhan tersebut, termasuk jika ada unsur kelalaian dan pengabaian oleh perusahaan terkait," tuturnya menambahkan.

Selain itu, dia juga meminta agar semua pihak untuk menahan diri yang bisa menyebabkan terjadinya kesimpangsiuran informasi.

"Aparat harus segera bertindak cepat agar jangan sampai kasus ini berlarut-larut tanpa adanya kronologi dan penyebab yang jelas. Kepolisian harus segera merilis secara resmi apa sebenarnya yang terjadi agar informasi-informasi tidak beredar liar," katanya.

Lebih lanjut, politisi PKS ini meminta agar korban dan keluarganya mendapatkan hak-hak sebagaimana yang telah ditentukan.

"Tunaikan segera hak-hak korban, apakah itu BPJS Ketenagakerjaan, tunjangan dan sebagainya," ucap Netty.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya