Pilihan Sabtu, 23 April 2022 | 09:04

Efek Samping Vaksin Covid-19 Primer dan Booster, Apakah Sama?

Lihat Foto Efek Samping Vaksin Covid-19 Primer dan Booster, Apakah Sama? Ilustrasi Vaksin Covid-19 Booster. (foto: ist).

Jakarta - Orang mungkin mengalami beberapa efek samping setelah menerima suntikan vaksin Covid-19 booster atau dosis ketiga, sama halnya seperti usai mendapatkan vaksin dosis primer.

Efek ini muncul sebagai cara tubuh untuk mengatakan sedang membangun perlindungan terhadap Covid-19. Tetapi apakah efeknya sama antara booster dan dosis primer?

Edukator kesehatan yang menjadi pembicara mengenai penanganan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda`i mengiyakannya.

Merujuk pada vaksin berbasis mRNA yakni Moderna dan Pfizer, dia menyebut keduanya memiliki Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping yang cukup tinggi seperti demam, tidak enak badan, pegal di lokasi suntikan, dan meriang.

"Tetapi memang tidak langsung, sekitar 18 jam kemudian," ujar Fajri dikutip dari Antara, Jumat, 22 April 2022.

Berdasarkan pengalamannya, ia mendapatkan booster pertama Moderna pada 6 Agustus lalu. Pada 12 jam pertama belum merasakan reaksi apapun. Tetapi 14 jam usai divaksin, barulah dia merasa sumeng dan panas dingin walau masih bisa ditahan.

"28 jam setelah divaksin tidak tahan, akhirnya minum obat, lumayan. Tangan nyeri-nyeri karena reaksi lokal inflamasi, dikompres dingin lumayan," ucapnya.

Mengetahui efek ini, maka Fajri menyarankan Anda yang akan disuntik vaksin selama Ramadan bisa memilih waktu malam hari atau menjelang berbuka puasa.

Tetapi bila Anda ingin divaksin saat berpuasa, maka persiapkan tubuh dengan baik antara lain pastikan kondisi fit (sama halnya bila akan divaksin pada malam hari) agar vaksin bisa bekerja optimal membantu meningkatkan kadar antibodi. 

Seperti dikutip dari Medical Daily, vaksin booster memiliki bahan atau formulasi yang sama dengan vaksin primer Covid-19 kecuali booster vaksin Moderna yang kandungan vaksinnya hanya setengah dari dosis seri primer sehingga dapat memicu gejala atau efek samping seperti dosis utama.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), kebanyakan orang yang mendapat suntikan booster Moderna dan Pfizer mengalami gejala ringan hingga sedang.

Sementara efek samping yang serius jarang terjadi. Efek samping booster yang paling sering dilaporkan antara lain demam, sakit kepala, kelelahan dan nyeri di tempat suntikan. [] 

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya