Daerah Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:06

Gedung Tahfiz UIN Sumut Dibangun, Edy Rahmayadi Ungkap Harapannya

Lihat Foto Gedung Tahfiz UIN Sumut Dibangun, Edy Rahmayadi Ungkap Harapannya Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meletakkan batu pertama pembangunan Gedung Tahfiz Quran Wahdatul Ulum Universitas Islam Negeri (UIN). (Foto: Istimewa)
Editor: Andi Nasution

Medan - Gedung Tahfiz Quran Wahdatul Ulum Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatra Utara, mulai dibangun di Jalan Sutomo, Medan.

Sebagai tanda dimulainya pembangunan gedung tahfiz di Kampus UIN Sumut Jalan Sutomo itu, Gubernur Edy Rahmayadi meletakkan batu pertama, Jumat 24 Juni 2022.

Gedung yang dibangun dengan luas 16x32 meter ini merupakan kerja sama antara pemerintah provinsi dengan UIN Sumut.

Edy Rahmayadi mengungkapkan, UIN memiliki ciri khas yang berbeda dari kampus lain di Sumut.

"Ciri khas Islam ada Al Quran. Dengan bertumpu pada Al Quran, pastinya anak-anak kita di UIN ini akan menebar rahmatan lil alamin di Sumut dan Indonesia," kata Edy.

Dengan bekal hafalan Al Quran pula, Edy berharap akan diamalkan untuk menyelesaikan berbagai persoalan bangsa, dengan begitu, Sumut akan menjadi bermartabat.

Dengan diletakkannya batu pertama pembangunan gedung, mantan Pangkostrad ini juga mengharapkan, gedung segera dibangun dan diselesaikan.

"Jika cepat dibangun, maka akan cepat selesainya dan cepat pula dimanfaatkan oleh para mahasiswa. Lebih cepat lebih baik, semoga Allah memberikan kemudahan untuk kita semua," harapnya.

Rektor UIN Sumut Syahrin Harahap menjelaskan, gedung tahfiz yang dibangun nantinya menjadi tempat mahasiswa mengembangkan kemampuan menghafal Al Quran, sehingga mahasiswa memiliki dasar ilmu Al Quran yang kuat.

"Gedung ini diharapkan menjadi tempat berlatih kemampuan tahfiz anak-anak kita, sesuai visi kita bahwa alumni S1 telah dapat menghafal Al Quran 5 juz, S2 lebih kurang 7 juz, dan S3 10 juz," ucapnya. ()

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya