Daerah Jum'at, 10 Juni 2022 | 17:06

Gegara Makan Jamur Sawit, Sekeluarga di Tapanuli Selatan Keracunan

Lihat Foto Gegara Makan Jamur Sawit, Sekeluarga di Tapanuli Selatan Keracunan Warga Batang Toru, Tapsel, dirawat di puskesmas setempat usai keracunan makanan jamur sawit. (Foto: Istimewa)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Andi Nasution

Medan - Ali Akbar (58), warga Dusun Matahari, Desa Hapesong Baru, Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatra Utara, benar-benar tak menyangka jamur dari tanaman kelapa sawit yang dibawanya pulang ke rumah pada Rabu, 8 Juni 2022 sore, untuk dimasak dan disantap keluarganya, bakal berujung nahas.

Pria yang sehari-hari bekerja di kebun bersama istri dan anaknya, diduga keracunan usai menyantap jamur tanaman kelapa sawit, pada Kamis, 9 Juni 2022.

Jamur sawit itu diperolehnya dari kebun sawit miliknya di Desa Perkebunan, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapsel.

Ali Akbar yang merasa tak beres akan makanan yang dimakannya, lantas menghubungi Bhabinkamtibmas Polsek Batang Toru, Polres Tapsel, Aipda Rahmat Hidayat Harahap.

Mendapat laporan dari warganya, Aipda Rahmat langsung mendatangi kediaman Ali Akbar guna mengecek makanan yang sudah dimakan Ali Akbar serta keluarganya.

"Selain Ali Akbar, anaknya Muhammad Aslan (9) dan istrinya Eriani Siregar (46), juga menjadi korban dari keracunan makanan tersebut," kata Kepala Polres Tapanuli Selatan, AKBP Roman Smaradhana Elhaj, Jumat, 10 Juni 2022.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, kata Roman, Ali Akbar sempat memberikan jamur tanaman kelapa sawit tersebut ke istrinya agar disimpan ke dalam lemari es. 

Esoknya, istri Ali Akbar lantas memasak ikan gulai yang dicampur dengan jamur tanaman kelapa sawit tersebut.

"Usai memakan jamur tanaman kelapa sawit tersebut, ketiganya (Ali Akbar serta istri dan anaknya) merasa pusing dan mual diikuti dengan muntah-muntah," ujarnya.

Akibat kejadian itu, tambah Roman, Ali Akbar beserta keluarganya sudah dibawa ke Puskesmas Batang Toru guna mendapat perawatan medis.

"Rencananya Ali Akbar beserta keluarga, akan dirujuk ke Rumah Sakit Inanta Kota Padangsidimpuan, untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif," tutupnya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya