News Rabu, 20 April 2022 | 12:04

Gelar Investment Forum, BPODT Siap Sambut Investor

Lihat Foto Gelar Investment Forum, BPODT Siap Sambut Investor Sandiaga Uno dalam acara investment forum yang dilaksanakan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) di Four Season Hotel, Jakarta, Selasa, 19 April 2022. (Foto: BPODT)
Editor: Fetra Tumanggor

Jakarta - Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) melalui Divisi Investasi Pariwisata menggelar investment forum di Four Season Hotel, Jakarta, Selasa, 19 April 2022.

Investment Forum ini dihadiri langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebagai keynote speaker. Turut hadir sebagai keynote speaker Direktur Bidang Jasa dan Pengembangan Kawasan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Noor Fuad Fitrianto dan Direktur Utama BPODT Jimmy Bernando Panjaitan.

Selain tiga keynote speaker, BPODT juga mengundang Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Vinsensius Jemadi, tim dari Private Equity Southeast Esia, perwakilan Top Ten High Networth Individuals, dan top hotel Indonesia dengan tujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan permintaan investasi di Toba Caldera Resort (TCR).

Sandiaga Uno dalam acara investment forum yang dilaksanakan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) di Four Season Hotel, Jakarta, Selasa, 19 April 2022. (Foto: BPODT)

"Di kawasan TCR telah berdiri Bobocabin, milik Bobobox Grup, sebanyak 11 kabin, juga investor perdana dengan nilai investasi Rp 600 Miliar yang akan segera membangun hotel bintang lima. Ke depannya, BPODT akan menenderkan salah satu lot SR-02 (holiday villa) dan juga tender untuk cable car,” ucap Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataa (DIPKK) BPODT, Raja Malem Tarigan menjelaskan progres investasi saat memberikan kata sambutan.

Direktur Utama BPODT Jimmy Panjaitan menyampaikan potensi dan kekayaan yang dimiliki Danau Toba yang tentu menjadi salah satu alasan kuat investor untuk berinvestasi dan turut membangun Kawasan Danau Toba khususnya TCR sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

“Kami membuka peluang investasi seluas-luasnya untuk para investor yang siap bersama-sama berkolaborasi membangun kawasan Danau Toba. Zona Otoritatif BPODT, Toba Caldera Resort l, siap menerima kedatangan investor untuk berinvestasi dalam bentuk pembangunan hotel atau resort, entertainment, MICE, F and B, dan lainnya,” ujar Jimmy.

Direktur BPODT Raja Malem Tarigan dalam acara investment forum yang dilaksanakan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) di Four Season Hotel, Jakarta, Selasa, 19 April 2022. (Foto: BPODT)

Dari segi investasi, BKPM melalui penjelasan Noor Fuad, meyakinkan undangan bahwa calon-calon investor akan diberikan kemudahan atau insentif. Hal ini juga diperkuat dengan pernyataan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

“Dengan berinvestasi di Danau Toba, tentu akan membuka jalan untuk pemulihan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja di Destinasi Pariwisata Super Prioritas kita ini. Tentunya kemudahan dan insentif akan kami koordinasikan lebih lanjut dengan BKPM,” kata Sandi.

Kegiatan ini diharapkan dapat mempromosikan kawasan TCR kepada khalayak luas dan menambah investor yang berminat berinvestasi di Toba Caldera Resort.

Ke depannya BPODT akan terus meningkatkan kesiapan infrastruktur di Toba Caldera Resort dan akan menambah atraksi-atraksi menarik untuk meningkatkan pengalaman wisata para pengunjung. BPODT juga mengharapkan adanya investor- investor yang akan berinvestasi dan ikut mengambil peran dalam pengembangan Toba Caldera Resort dan Kawasan Pariwisata Danau Toba. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya