News Rabu, 13 April 2022 | 12:04

BPODT Gandeng M Bloc Kembangkan Bisnis Pariwisata dan Ekraf Danau Toba

Lihat Foto BPODT Gandeng M Bloc Kembangkan Bisnis Pariwisata dan Ekraf Danau Toba BPODT menggandeng M Bloc untuk mengembangkan bisnis pariwisata dan ekonomi kreatif di Danau Toba. Penandatanganan kerja sama dalam bentuk MoU (Memorandum of Understanding) dilakukan di Medan, Selasa, 12 April 2022. (Foto: BPODT)
Editor: , Fetra Tumanggor Reporter: Andi Nasution

Medan - Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) menggandeng M Bloc untuk mengembangkan bisnis pariwisata dan ekonomi kreatif di Danau Toba.

Penandatanganan kerja sama dalam bentuk MoU (Memorandum of Understanding) dilakukan di Medan, Selasa, 12 April 2022.

Dirut BPODT Jimmy Benando Panjaitan mengatakan ada beberapa tujuan dilakukannya MoU antara BPODT dengan M Bloc, yakni: 

Pertama, pengembangan bisnis pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan Danau Toba.

Kedua, kurasi produk UMKM untuk masuk dalam M Bloc Market Jakarta, Medan, dan daerah lain.

Ketiga, pendampingan terhadap UMKM dalam hal legalitas (PIRT dan BPOM) serta pemasaran produk pariwisata dan ekonomi kreatif UMKM kawasan Danau Toba di M Bloc Market Jakarta, Medan, dan daerah lain. 

"Melalui kerja sama ini diharapkan membangkitkan ekonomi kreatif UMKM dan pariwisata khususnya di kawasan Danau Toba," kata Jimmy, didampingi Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan (DIPKK) Raja Malem Tarigan dan Direktur Pemasaran Pariwisata (DPP) Wahyu Dito Galih Indarto, di Medan, Selasa, 12 April 2022.

Menindaklanjuti MoU tersebut, Direktur Utama M Bloc Firad Soetomo menyampaikan dalam waktu dekat akan berkunjung ke Toba Caldera Resort untuk melihat potensi yang ada di sana. 

BPODT menggandeng M Bloc untuk mengembangkan bisnis pariwisata dan ekonomi kreatif di Danau Toba. Penandatanganan kerja sama dalam bentuk MoU (Memorandum of Understanding) dilakukan di Medan, Selasa, 12 April 2022. (Foto: BPODT)

Dia mengusulkan agar dilakukan beberapa event seperti bazar UMKM yang dikombinasikan dengan festival musik di Toba Caldera Resort.

M Bloc adalah holding company yang bergerak di bidang placemaking ekonomi kreatif, yang didirikan oleh profesional di berbagai bidang industri dan bisnis kreatif, mulai dari arsitektur, branding, media, musik, film, dan seni pertunjukan.

M Bloc Space diharapkan menjadi salah satu creative hub yang berada di pusat kota untuk mewadahi kaum urban dan anak muda serta merupakan tempat bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk mengembangkan usahanya.

Sebelumnya M Bloc telah sukses mengubah kawasan Peruri di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan menjadi ruang publik sekaligus wujud semangat kreatif anak muda.

Selasa, 12 April 2022, M Bloc resmi mengelola Kantor Pos Medan yang kemudian dinamai Pos Bloc. Peresmiannya dihadiri langsung Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Jacob Gatot, salah satu founder M Bloc mengatakan kawasan Danau Toba akan sangat menarik ketika ada event serupa seperti Joyland Festival, jazz, pop, rock, dan musik tradisional. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya