News Rabu, 18 Januari 2023 | 11:01

GMKI-GAMKI Sambut Kehadiran Dubes Palestina Pada Perayaan Natal Kaum Muda Serang-Cilegon

Lihat Foto GMKI-GAMKI Sambut Kehadiran Dubes Palestina Pada Perayaan Natal Kaum Muda Serang-Cilegon Perayaan Natal Kaum Muda Serang-Cilegon, Sabtu, 14 Januari 2023. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Ketua DPP GAMKI Bidang Hubungan Internasional Ruben Frangky Oratmangun menyebut kehadiran Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun mengunjungi gereja dan pesantren di Serang, Banten mengingatkan semua pihak untuk merawat hubungan harmonis antar agama di Provinsi Banten.

"Dubes Palestina mengingatkan kita bahwa para pemeluk agama seharusnya saling menghormati kebebasan dan hak beribadah setiap agama yang berbeda. Berbagai persoalan pelarangan pembangunan rumah ibadah seharusnya bisa diselesaikan jika kita memiliki kesadaran untuk hidup berdampingan dengan damai satu sama lainnya," kata Ruben dalam keterangannya, Selasa, 17 Januari 2023.

Sebelumnya, Duta Besar Palestina Zuhair Al Shun tiba di Kota Serang, Banten, Sabtu, 14 Januari 2023 untuk menghadiri rangkaian Perayaan Natal Kaum Muda Serang-Cilegon. 

Tiba di Kota Serang, Dubes Palestina disambut oleh Perwakilan PJ Gubernur Agus Setyawan, Wakil Rektor 1 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, H. Agus Sjafari, Perwakilan Pendeta dari GSJA Kota Serang Pdt. Herri Engka, Perwakilan Pendeta GPIB Kopassus Vera Tresje Kaya, Ketua Cabang GMKI Serang Paulina Tamara Nainggolan, Ketua DPP GAMKI Bidang Hubungan Internasional Ruben Frangky Oratmangun, Gusdurian Banten, PMII Untirta dan beberapa organisasi kepemudaan di Kota Serang.

Dubes Palestina mengaku senang dapat berjumpa dengan perwakilan dari pemerintahan, akademisi, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan aktivis kepemudaan di Banten.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas jamuan yang telah disiapkan para panitia.

Dalam pertemuan ini, Dubes Palestina pun bercerita tentang hubungan antar masyarakat di Palestina.

"Pada dasarnya, Palestina merupakan kiblat dari penyebaran 3 agama di dunia yaitu, Islam, Kristen, dan Yahudi. Hal ini membuat rakyat Palestina memiliki kesadaran sebagai satu kesatuan yang utuh. Masyarakat di Palestina hidup rukun berdampingan dan saling menghormati satu sama lain. Peperangan di Palestina bukan persoalan agama, melainkan perebutan wilayah," ujarnya.

Lebih lanjut, Dubes Palestina menyebut pihaknya bersama Wakil Rektor 1 Untirta membahas kerja sama dalam bidang Pendidikan, terutama tentang mekanisme pertukaran mahasiswa Palestina dengan Untirta ke depannya.

Dubes menjelaskan, sebelumnya Kedubes Palestina sudah pernah bekerja sama untuk melaksanakan pertukaran mahasiswa bagi 50 pelajar Palestina di Indonesia. 

Pertukarannya tidak hanya ditujukan bagi mahasiswa saja, melainkan juga bagi para dosen dan ini perlu dilakukan dalam bentuk MoU.

"Kami sangat senang dan merasa terhormat atas kunjungan Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Mr. Zuhair Al Shun ke Kota Serang. Di tengah kesibukannya, beliau hadir memberikan kesejukan dan pesan perdamaian. Melalui kegiatan ini, kami berharap Kota Serang dapat menjadi contoh sari keberagaman umat di Provinsi Banten, antara lain di Cilegon, Lebak, dan lainnya," ucap Paulina Tamara Nainggolan.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya