News Kamis, 24 Maret 2022 | 14:03

Heboh Parlemen Israel Berfoto di IPU Bali, Fadli Zon: RI Tetap Dukung Palestina

Lihat Foto Heboh Parlemen Israel Berfoto di IPU Bali, Fadli Zon: RI Tetap Dukung Palestina Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR Fadli Zon. (foto: Twitter/@fadlizon).

Jakarta - Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR Fadli Zon menyatakan bahwa Indonesia tetap berkomitmen terhadap kemerdekaan Palestina. Hal ini sekaligus menjawab kehebohan usai beredarnya foto Parlemen Israel pada acara Sidang Majelis Ke-144 Inter-Parliamentary Union (IPU) di BICC, Nusa Dua, Bali.

"Indonesia tetap berkomitmen mendukung kemerdekaan Palestina dan menolak normalisasi hubungan dengan agresor (penyerang), dalam hal ini, Israel,” kata Fadli Zon di BICC Nusa Dua, Bali, dikutip dari Antara, Kamis, 24 Maret 2022.

Anggota Komisi I DPR RI itu pun menolak klaim sepihak Parlemen Israel yang menyampaikan bahwa mereka telah melakukan kunjungan resmi ke Indonesia.

Baca jugaFadli Zon Tolak Klaim Sepihak Israel Soal Kunjungan Resmi ke RI

“Tidak ada official visit, mungkin itu bagian dari upaya (Parlemen Israel) menyampaikan ke kepentingan domestik mereka," ujar Fadli.

Politikus Gerindra ini menegaskan, Indonesia sebagai tuan rumah Sidang Majelis Ke-144 IPU wajib mengundang total 178 anggota. Israel merupakan anggota IPU.

Dengan demikian, ujar dia, Indonesia pun mengeluarkan visa untuk delegasi Parlemen Israel agar mereka dapat menghadiri acara sidang di Bali.

Baca jugaFadli Zon: Indonesia Diutus Bahas Solusi Konflik Rusia-Ukraina di APG IPU ke-144

“Aturannya IPU tidak boleh ada yang tidak diundang sehingga semua anggota IPU pasti diundang,” kata Fadli.

Lebih lanjut Fadli meluruskan pernyataan yang tepat adalah kunjungan resmi Israel pada kegiatan IPU di Nusa Dua, Bali. Meskipun lokasi acara ada di Indonesia, kunjungan itu ia pastikan tidak terkait secara bilateral dengan Indonesia.

Sebelumnya, Delegasi Parlemen (Knesset) Israel, diwakili oleh Avi Dichter dan Nira Shpak menghadiri kegiatan Sidang Majelis Ke-144 IPU di Nusa Dua, Bali, yang berlangsung pada 20–24 Maret 2022.

Di sejumlah media lokal Israel, banyak judul pemberitaan yang menyebut Israel mengadakan kunjungan resmi ke Indonesia. Dalam berita-berita itu, dua anggota parlemen Israel berfoto sambil membentangkan bendera negaranya di lokasi sidang IPU. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya