Daerah Rabu, 14 September 2022 | 15:09

Jumlah Penerima BLT BBM di Temanggung Tercatat 81.453 KPM

Lihat Foto Jumlah Penerima BLT BBM di Temanggung Tercatat 81.453 KPM Dinas Sosial Kabupaten Temanggung menerima kuota BLT BBM sebanyak 81.453 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
Editor: Yohanes Charles

Temanggung – Dinas Sosial Kabupaten Temanggung menerima kuota Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) sebanyak 81.453 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Temanggung Prasojo mengatakan, penyerahan BLT BBM ditangani oleh Kantor Pos yang ditunjuk oleh pemerintah pusat. Penerima BLT BBM adalah warga miskin yang sangat terdampak atas kenaikan BBM.

Mereka terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat pada dua program bantuan Kementerian Sosial, yakni Bantuan Pangan Non Tunai dan Program Keluarga Harapan.

“Kami memantau pencairan BLT BBM ini. Penyaluran di Kantor Pos, kantor desa dan kecamatan,” katanya di sela-sela pencairan BLT BBM, Selasa 13 September 2022.

Kepala Kantor Pos Temanggung Arif Maulana mengatakan, BLT BBM mulai disalurkan pada KPM pada Sabtu 10 September 2022 dan ditarget selesai pada Jumat 16 September 2022.

“Sampai Senin telah 10 persen BLT BBM yang disalurkan, pada Selasa mencapai 35 persen,” kata Arif Maulana, ditemui di sela penyaluran, Selasa 13 September 2022.

Ia mengatakan, tiap hari ada target penyaluran 20 ribu KPM, sehingga pada Jumat mendatang penyaluran diharapkan sudah di atas 95 persen.Lima persen tersisa, akan disampaikan door to door atau diantar sampai ke alamat yang bersangkutan.

Baca juga: Pemprov Jawa Tengah Siapkan Skema Bantuan dan Pendampingan BBM untuk Petani

Arif menyampaikan, KPM akan menerima Rp500 ribu dengan perincian Rp200 ribu untuk bantuan pangan non tunai dan Rp 300 ribu BLT BBM untuk bulan September dan Oktober.

“Alokasi BLT BBM per bulan Rp 150 ribu, bulan September dan Oktober diterimakan pada September, sehingga menerima Rp 300 ribu,” terangnya.

Dikemukakan olehnya, KPM akan menerima empat kali bantuan dengan total Rp 600 ribu. Namun untuk penerimaan bulan November dan Desember belum dijadwalkan.

Dalam penyaluran BLT BBM, pihaknya merekrut tenaga kontrak yang terdiri dari para anak muda. Jumlahnya lebih dari 100 orang. Harapannya, penyaluran bisa lebih cepat dan bagus dalam pelayanan.

Adapun kecamatan yang terjadwal penyaluran pada Selasa adalah Bansari, Kledung, Jumo, Bejen, Candiroto, Wonoboyo dan Tretep. Penyaluran dilakukan di balai desa masing-masing atau kantor kecamatan.

“Ada undangan yang disampaikan, nanti KPM bisa menyesuaikan sesuai undangan. Sebagian wilayah Kecamatan Tlogomulyo dan Temanggung diterimakan di Kantor Pos Temanggung,” imbuhnya.

Baca juga: Baznas Klaten Mantu, Persatukan Mbah Ranto dengan Wartini

Dalam penyaluran, petugas dibekali dengan softcopy data dengan barcode. Jika dipindai, barcode itu akan memunculkan data dan identitas KPM.

Seorang KPM, Sriyatun mengatakan ia senang menerima BLT BBM. Bantuan yang diterima akan dipergunakan untuk belanja berbagai kebutuhan rumah tangga.

“Kami senang mendapat bantuan, ini dana bantuan dari pemerintah,” tandasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya