News Kamis, 16 Desember 2021 | 05:12

Kapal Pengangkut Imigran Ilegal asal Indonesia Tenggelam di Laut Malaysia 11 Tewas

Lihat Foto Kapal Pengangkut Imigran Ilegal asal Indonesia Tenggelam di Laut Malaysia 11 Tewas Ilustrasi kapal tenggelam. (Foto: Opsi/Ilustrasi)
Editor: Rio Anthony

Malaysia - Sebanyak 11 imigran ilegal asal Indonesia tewas setelah kapal yang mengangkut mereka tenggelam di Malaysia bagian selatan. Sekitar 27 orang migran lainnya dilaporkan hilang.

Dilansir dari AFP, Rabu 15 Desember 2021, penjaga pantai Malaysia melaporkan bahwa kapal tersebut memuat 60 migran ilegal itu tenggelam pada pagi hari di perairan Johor, Malaysia bagian selatan. Kapal engangkut migran asal Indonesia itu diduga tenggelam akibat cuaca buruk.

Diketahui warga Indonesia atau WNI yang mencari pekerjaan diketahui terkadang mencoba masuk ke wilayah Malaysia secara ilegal, dengan menumpang kapal reyot dan kecelakaan cukup sering terjadi.

Kepala penjaga pantai Malaysia, Laksamana Mohamad Zubil Mat Som, menuturkan kepada AFP bahwa para tentara yang berpatroli menemukan tujuh mayat pria dan empat mayat wanita di pantai.

Sekitar 20 pria dan dua wanita lainnya, sebut Mohamad Zubil, ditemukan dalam keadaan hidup setelah berenang ke sebuah pulau terdekat milik Indonesia dan mereka telah ditahan.

Puluhan orang lainnya dilaporkan masih hilang dan mereka diyakini tengah bersembunyi atau telah tenggelam di lautan.

Otoritas Malaysia mengerahkan sejumlah kapal dan sebuah pesawat untuk mencari keberadaan mereka.

"Kami sangat menyesalkan tragedi mematikan ini. Saya mendesak para migran untuk tidak masuk ke Malaysia secara ilegal," imbau Mohamad Zubil kepada AFP. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya