News Selasa, 29 Maret 2022 | 10:03

Kasihani TNI-Polri, PKS Desak Pemerintah Evaluasi Pendekatan di Papua

Lihat Foto Kasihani TNI-Polri, PKS Desak Pemerintah Evaluasi Pendekatan di Papua Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PKS Sukamta. (foto: PKS).

Jakarta - Anggota Komisi I DPR Sukamta menilai penanganan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua tentu saja tidak sama dengan cara mengatasi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Aceh atau teroris oleh Densus 88.

Menurut politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, ada kompleksitas persoalan yang lebih banyak di Papua sehingga membutuhkan kebijakan yang komprehensif dan tuntas untuk menyelesaikan seluruh persoalan.

“Kasihan prajurit TNI dan Polri di lapangan kalau tidak segera ada perbaikan kebijakan yang jelas,” kata Sukamta di Jakarta, Selasa, 29 Maret 2022.

Baca jugaKKB Mengganas, Anggota DPR Sebut Pendekatan Keamanan di Papua Tidak Efektif

Dia menilai, persoalan di Papua sudah terlalu lama sehingga semestinya ada perhatian yang lebih serius dan tuntas agar persoalan di Bumi Cenderawasih bisa segera diselesaikan.

Menurut Sukamta, skala prioritas perlu dibuat oleh pemerintah dengan mendasarkan tujuan dalam konstitusi, yaitu melindungi warga negara, memajukan kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dia pun meminta pemerintah mengevaluasi total kebijakan dan pendekatan keamanan di Papua yang berfokus kepada peningkatan sistem pengamanan bagi petugas keamanan dan warga sipil, serta upaya melemahkan kekuatan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

“Perlu ada pendekatan baru untuk menyelesaikan persoalan yang ada di Papua secara tuntas. Harus ada peningkatan kerja tim intelijen untuk memetakan secara presisi dinamika sosial, politik dan keamanan yang berkembang,” kata Sukamta. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya