Daerah Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:08

Kegiatan Posyandu di Jepara Tuai Pujian WHO

Lihat Foto Kegiatan Posyandu di Jepara Tuai Pujian WHO Posyandu Harapan Bakti VI, di RT 1/RW 3 Desa Suwawal dapat pujian dari WHO. (Foto: Opsi/Humas Jateng).
Editor: Yohanes Charles

Jepara – Upaya pembangunan kesehatan di Kabupaten Jepara melalui pos pelayanan terpadu (Posyandu) mendapat pujian dari Konsultan Internasional Badan Kesehatan Dunia/ World Health Organization (WHO) Chandrakant Moghe.

Pujian itu disampaikan Chandrakant saat mengunjungi Posyandu Harapan Bakti VI, di RT 1/RW 3 Desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo, Rabu 10 Agustus 2022.

Chandrakant menyampaikan, kedatangannya ke Posyandu Harapan Bakti VI untuk melakukan observasi, bagaimana pelaksanaan program vaksinasi. Dia juga mendorong masyarakat dan kader pelaksana, agar vaksinasi berjalan sukses. Hal itu sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah daerah dan petugas di desa.

This is well organized Posyandu. You can see it’s just like a festival here, and the partisipation from the local community is good. (Posyandu di sini terorganisasi dengan baik. Terlihat sangat meriah bak festival, dan partisipasi dari masyarakat lokal sangat bagus),” tandas Chandrakant.

Baca juga: Akmal: Menpora Sarankan Festival Sandeq Digelar di Momen Haornas

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, dr Eko Cahyo Puspeno, menyebut, kunjungan WHO didampingi Dinkes Jawa Tengah, merupakan sebuah kehormatan.

WHO memang ingin meninjau langsung pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Suwawal, mulai dari proses penggerakan sarasan, sampai penerapan prokes, dan teknik pelaksanaan vaksinasi.

“Sangat diperhatikan kesesuaiannya dengan prosedur yang ditetapkan WHO, termasuk pengelolaan limbah, pencatatan, dan pelaporan,” ungkapnya.

Menurutnya, WHO memang menilai pelaksanaan BIAN di Suwawal berjalan bagus.

“Tinggal nanti dimaksimalkan peningkatan capaiannya, termasuk menjaga kualitas vaksinasi itu sendiri,” tambahnya.

Baca juga: Salah Satu RW di Kota Bandung Ciptakan Posyandu Multifungsi Lewat Pentahelix

Terkait pujian WHO kepada Posyandu Harapan Bakti VI, Eko menyebut, sejak dulu Desa Suwawal terkenal sangat kompak dalam program-program kesehatan.

“Bisa dibilang layanan kesehatan setara Posyandu, ya memang di Posyandu ini pusatnya,” kata Eko.

Dia mengapresiasi semua stakeholder dan lintas sektor di Suwawal, yang selalu kompak mendukung program-progam kesehatan.

“Harapan kami, ini menjadi contoh bagi yang lain, supaya BIAN dan program kesehatan lain bisa berjalan sukses,” tandasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya