Hukum Kamis, 03 Maret 2022 | 20:03

Keluarga Leviev Seret Penipu Tinder Shimon Hayut ke Pengadilan

Lihat Foto Keluarga Leviev Seret Penipu Tinder Shimon Hayut ke Pengadilan Simon Leviev. (Foto: Instagram/simon_leviev_official)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Penipu asal Israel, Shimon Hayut alias Simon Leviev dituntut oleh keluarga miliarder Leviev, lantaran mencatut nama pemilik perusahaan berlian LLD Diamonds dalam modus operandi kejahatannya.

Shimon Hayut dalam aksi kejahatannya yang dipublikasikan di film dokumenter Netflix The Tinder Swindler, diketahui kerap berpura-pura menjadi bagian dari keluarga Leviev demi mencari korban perempuannya.

Usai berhasil meraih hati sejumlah perempuan dengan gaya hidup mewah "palsu"-nya, Simon kemudian melakukan penipuan dan menarik sejumlah uang hingga ratusan ribu dolar dari para korbannya itu.

Laman E! News melaporkan, hal itu membuat putri sekaligus pewaris kekayaan asli dari keluarga raja berlian Israel Lev Leviev, Chagit Leviev, berang dan membawa perkara itu ke meja hijau dengan gugatan senilai jutaan dolar.

Dalam sebuah pernyataan, Chagit mengatakan gugatan multi-juta dolar itu bertujuan untuk membuat Simon yang bernama asli Simon Hayut untuk menghadapi hukuman yang layak diterima.

"Shimon Hayut adalah penipu yang mencuri identitas keluarga kami dan mencoba mengeksploitasi nama baik kami untuk menipu korban jutaan dolar," kata Chagit Leviev, dikutip Opsi pada Kamis, 3 Maret 2022.

"Dia tidak memiliki hubungan dengan keluarga Leviev dan tidak memiliki afiliasi dengan perusahaan kami LLD Diamonds," ujar dia.

Chagit menjelaskan bahwa dia lega identitas dan tindakan Simon telah terungkap secara global. Dia berharap hal tersebut dapat mengakhiri tindakan Simon yang tidak bermoral.

Meskipun Chagit tidak terdaftar sebagai penggugat dalam gugatan tersebut, kerabatnya Zevulun Leviev, Ayelet Leviev Jacobson, Ruthy Leviev Yelizerov dan Hagit Sofiev Leviev, bersama dengan perusahaan LLD Diamonds USA, LLC, masuk dalam daftar penggugat.

 Simon Leviev. (Foto: Instagram/simon_leviev_official)

Diberitakan sebelumnya, aksi tipu-tipu Simon di aplikasi kencan online diketahui secara luas oleh publik global setelah Netflix merilis film dokumenter berjudul The Tinder Swindler.

Dokumenter tersebut mengikuti cerita tiga wanita yang menjadi korban Simon. Dari Tinder, para wanita ini berkenalan dan bertemu dengan pria yang bernama asli Shimon Hayut tersebut.

Baca juga: Simon Leviev Playboy Penipu asal Israel di Film Tinder Swindler

Baca juga: Simon Leviev Diblokir Tinder dan Menghilang dari Instagram

Mereka dibuat terpikat dan percaya oleh pesona palsu "Simon Leviev" yang mengaku sebagai putra taipan berlian Israel, Lev Leviev. Setelah berpacaran, para wanita tersebut kemudian ditipu miliaran rupiah. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya