Daerah Senin, 25 April 2022 | 10:04

Kronologi Dokter di Tapsel Diserang Harimau

Lihat Foto Kronologi Dokter di Tapsel Diserang Harimau Drh Anhar Lubis, saat akan dibawa ke RS Metta Medika Padangsidimpuan, usai mengalami serangan dari seekor Harimau Sumatra. (Foto: Istimewa)
Editor: Rio Anthony Reporter: , Andi Nasution

Medan - Dokter hewan dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatra Utara, drh Anhar Lubis, diserang seekor Harimau yang akan diselamatkan dari perangkap jebak di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel).

Akibatnya, drh Anhar mengalami luka gigitan dan cakaran di lengan atas sebelah kiri, cakaran di lengan bawah sebelah kiri, luka cakaran dan robek di paha sebelah kiri.

Plt Kepala BBKSDA Sumatra Utara, Irzal Azhar mengurai peristiwa nahas yang dialami drh Anhar, berawal pada Jumat 22 April 2022 pukul 18.30 WIB, BBKSDA Sumut melalui Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok pada Bidang KSDA
Wilayah III Padangsidimpuan, mendapat laporan dari Komandan Rayon Militer
(Danramil) Batangtoru, tentang adanya Harimau Sumatra (Panthera Tigris
Sumatrae) yang terjerat di Dusun Pardomuan, Desa Batu Godang, Kecamatan
Angkola Sangkunur, Tapsel.

"Menindaklanjuti laporan tersebut, Tim BBKSDA Sumut bersama lembaga mitra kerjasama Yayasan Orangutan Sumatra Lestari-Orangutan Information Center (YOSL-OIC), segera menuju lokasi dan tiba pada pukul 01.30 WIB dengan membawa kandang transit dan serta peralatan senjata," ujar Irzal dalam keterangannya diterima Minggu 24 April 2022.

Di lokasi, katanya, tim melakukan koordinasi dengan Kapolsek Batangtoru dan Danramil, Camat Angkola Sangkunur, pemilik jerat
beserta masyarakat Desa Batu Godang.

Dari keterangan masyarakat, lanjutnya  Harimau tersebut terjerat pertama sekali diketahui pada Jumat 22 April 2022 sekitar pukul 11.00 WIB.

Saat dicek ulang pada pukul 16.00 WIB, posisi Harimau yang terjerat telah berpindah tempat sejauh 200 meter dengan keadaan jerat sling terlilit di kaki yang disangkutkan pada batang pohon.

Mengingat kondisi cuaca dan mempertimbangkan keselamatan tim, tambah Irzal, akhirnya disepakati dengan muspika dan masyarakat, tim akan melakukan pengecekan ke lokasi keesokannya.

Selanjutnya, Sabtu 23 April 2022 pukul 07.00 WIB, tim menuju lokasi dengan berjalan kaki sejauh 2 kilometer dan tiba pada pukul 09.00 WIB.

Di lokasi, tim menemukan seekor Harimau Sumatra yang terjerat dengan kondisi kaki terlilit tali sling dan dalam keadaan lemas.

"Rencana evakuasi akan dilakukan dengan cara di tembak bius. Dan pada pukul 23.30 WIB, drh Anhar tiba di lokasi, kemudian dilakukan diskusi dengan melibatkan Kepala Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan, muspika setempat, YOSL-OIC, Yayasan Scorpion, aparat desa serta masyarakat, dan disepakati evakuasi akan dilakukan Minggu pagi," jelas Irzal.

Pada Minggu 24 April 2022 pukul 04.45 WIB, lanjutnya, tim dan dokter hewan
melakukan persiapan serta pengecekan senjata bius.

"Sekitar pukul 06.40 WIB, tim tiba di lokasi harimau terjerat, kemudian drh Anhar melakukan pembiusan dengan cara menembak pada pukul 07.05 WIB. Tembakan bius mengenai badan/tubuh harimau, namun tanpa diduga harimau tiba-tiba langsung menyerang drh Anhar yang mengakibatkan luka di bagian lengan sebelah kiri. Usai menyerang, Harimau kemudian lari menjauh," ujarnya.

Melihat kondisi drh Anhar, tim langsung melakukan penanganan dan pertolongan serta segera mengevakuasi ke rumah sakit  di Padangsidimpuan untuk mendapatkan perawatan.

Selanjutnya tim menyampaikan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat agar tiga hari ke depan tidak melakukan aktivitas apapun di kebun, tetap waspada dan dalam melakukan aktivitas di luar rumah tidak sendiri melainkan secara berkelompok dan minimal 5 orang, serta segera melaporkan/memberi informasi kepada petugas terkait bila melihat adanya tanda-tanda keberadaan harimau tersebut.

"Untuk penanganan berikutnya, BBKSDA Sumut akan melakukan pemasangan perangkap di sekitar lokasi kejadian, dan melakukan patroli rutin serta pendampingan terhadap masyarakat sampai situasi kembali kondusif," tutup Irzal. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya