News Sabtu, 20 Agustus 2022 | 13:08

Kronologi Mobil Hermanto Dardak Kecelakaan di Tol, Sopirnya Selamat

Lihat Foto Kronologi Mobil Hermanto Dardak Kecelakaan di Tol, Sopirnya Selamat Mobil yang ditumpangi Hermanto Dardak kecelakaan di Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah. (Foto: Ist)

Jakarta - Mobil yang ditumpangi Achmad Hermanto Dardak (65), ayah Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak, mengalami kecelakaan di KM 341+400 B ruas Tol Batang-Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu dini hari, 20 Agustus 2022, hingga mengakibatkan Hermanto meninggal dunia.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Batang AKP Dhayita Daneswari mengatakan jenazah Hermanto Dardak sempat dibawa ke Rumah Sakit Umum Aro Kota Pekalongan setelah mengalami kecelakaan.

"Setelah kejadian, korban luka dan meninggal dibawa ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSU Aro Pekalongan dan selanjutnya dibawa oleh keluarga ke rumah duka di Jakarta," kata Daneswari kepada wartawan di Batang, 20 Agustus 2022.

Baca jugaAyah Emil Dardak, Hermanto Dardak Meninggal Akibat Kecelakaan di Tol

Kecelakaan tersebut melibatkan mobil Toyota Innova nomor polisi B 2739 UFZ yang ditumpangi Achmad Hermanto Dardak bersama sopirnya Angga Saputra (30).

Mobil Toyota Innova itu menabrak bagian belakang truk nomor polisi K 1909 BH yang dikemudikan Siswoyo (31), warga Kabupaten Pati.

Mobil yang ditumpangi Hermanto Dardak kecelakaan di Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah. (Foto: Ist)

Mobil itu masuk dari gerbang Tol Kalikangkung dengan tujuan Jakarta. Pada saat berada di jalan tol, mobil tersebut melaju di lajur 2 dengan kecepatan 100 kilometer per jam.

Sesampainya di tempat kejadian perkara (TKP) yang masuk wilayah Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, pengemudi Innova diduga mengantuk sehingga mobil yang dikemudikannya menabrak bagian belakang Truk Hino nopol K-1909-BH yang melaju dari arah sama.

Akibat kejadian tersebut, mobil Toyota Innova terpelintir menghadap ke selatan dan mengalami kerusakan berat, ringsek pada bagian depan dan samping kiri body, sedang truk Hino mengalami kerusakan ringan pada bagian belakang.

Baca jugaHermanto Dardak Bangun Jembatan Suramadu dan Terlibat di IKN

"Saat ini, kami masih menyelidiki kasus kecelakaan itu. Adapun korban meninggal dunia sudah dibawa ke Jakarta," kata Dhayita Daneswari.

Sementara, menurut informasi yang dihimpun oleh Pemprov Jatim, pengemudi mobil Innova, Angga Saputra, diduga mengantuk di ruas tol Pemalang Batang KM 341+400 arah Jakarta, sehingga kendaraannya menabrak bagian belakang truk di depannya.

"Pak Hermanto langsung dibawa ke rumah sakit, tapi nyawa Beliau tidak bisa diselamatkan. Pengemudinya mengalami luka dan sekarang mendapat perawatan di rumah sakit," kata ​​​​Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur Moh Ali Kuncoro kepada wartawan di Kantor Gubernur Jawa Timur di Jalan Pahlawan, Kota Surabaya, Sabtu, 20 Agustus 2022.

Terpisah, kerabat korban, Bambang Guritno mengungkapkan korban tewas Achmad Hermanto Dardak berangkat dari Jakarta bersama sopir untuk menghadiri acara peluncuran biografi Suharsoyo di Semarang pada Jumat, 18 Agustus 2022, dan acara selesai pukul 23.00 WIB.

Wakil Menteri PU periode 2010-2014 Hermanto Dardak. (foto: istimewa).

Usai acara, korban mengajak sopirnya langsung pulang ke Jakarta, sedangkan kerabatnya memilih menginap di Semarang.

Nahas, sekitar pukul 03.25 WIB, kendaraan yang ditumpangi korban mengalami kecelakaan.

Kerabat korban yang rencananya pulang ke Jawa Timur mendapat informasi tersebut dan langsung menuju Kota Pekalongan.

"Usai dari Semarang Pak Achmad Hermanto langsung pulang ke Jakarta, sedangkan saya menginap dulu. Semula saya langsung mau pulang ke Jawa Timur, namun mendengar kabar kecelakaan tidak jadi pulang dan langsung ke Pekalongan," katanya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya