News Rabu, 31 Agustus 2022 | 11:08

Lahirkan Boaz Solossa Baru, Presiden Jokowi Luncurkan Papua Football Academy

Lihat Foto Lahirkan Boaz Solossa Baru, Presiden Jokowi Luncurkan Papua Football Academy Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan Papua Football Academy (PFA). (foto: YouTube Sekretariat Presiden).

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi meluncurkan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Papua, Rabu, 31 Agustus 2022.

Jokowi menilai bahwa Tanah Papua telah melahirkan talenta-talenta yang luar biasa dalam bidang sepak bola seperti Rully Nere, Boaz Solossa, Ramai Rumakiek, dan Ricky Kambuaya.

"Ingin seperti para legenda sepak bola ini jalannya sudah ada, yaitu Papua Football Academy," kata Presiden Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 31 Agustus 2022.

Presiden mengatakan di PFA untuk meraih prestasi anak-anak akan digembleng kedisiplinan dan latihan yang rutin.

"Oleh sebab itu saya harap anak-anak di Papua Football Academy memanfaatkan kesempatan yang baik untuk menimba ilmu di bidang olahraga," katanya.

Presiden Jokowi dan Menteri Kabinet Indonesia Maju meresmikan PFA. (foto: YouTube Sekretariat Presiden).

Sementara, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang meluncurkan PFA secara langsung.

"Ini adalah bentuk dukungan dan perhatian yang luar biasa kepada kami," katanya.

Papua Football Academy merupakan wadah bagi putra Papua untuk menimba ilmu sepak bola sambil menjalankan pendidikan formal yang disiapkan dalam program ini. Di mana para siswa disiapkan menjadi individu yang kompetitif, kreatif, dan berdaya saing.

Selanjutnya, Direktur PFA Wolfgang Pikal menjelaskan pelatihan dalam akademi disusun dengan pertimbangan sains olahraga secara menyeluruh meliputi aspek teknis sepak bola, analisis, nutrisi, psikologi dalam olahraga, fisiologi, dan penanganan cedera.

"Sekolah formal dan kursus keterampilan merupakan salah satu faktor penilaian bagi perkembangan siswa serta dibawakan dengan cara pengajaran yang kreatif dan inovatif," katanya.

Untuk tahun pertama PFA kata dia, sebanyak 30 putra Papua yang terpilih dari total yang mendaftar 477 orang di mana tahapan seleksi pencarian bakat yang kompetitif dan transparan di tiga kota yakni Timika, Merauke dan Jayapura pada Juni 2022.

Seluruh siswa mendapatkan beasiswa penuh untuk belajar sepak bola selama dua tahun dan Seluruh Siswa tinggal di asrama yang dikelola secara profesional dan berlatih di fasilitas terbaik di Mimika Sports Complex yang dibangun PTFI.

Dalam peluncuran PFA Presiden Jokowi didampingi sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju di antaranya Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia Bahlil Lahadalla, dan Menteri BUMN Erick Thohir. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya