Hiburan Senin, 26 Desember 2022 | 09:12

Lalu Lintas Jelang Pintu TMII Padat Saat Libur Natal 2022, Ini Sebabnya

Lihat Foto Lalu Lintas Jelang Pintu TMII Padat Saat Libur Natal 2022, Ini Sebabnya Ilustrasi Taman Mini Indonesia Indah. (Foto: dok. TMII)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Lalu lintas jelang pintu masuk Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada musim liburan Natal 2022 terpantau padat. Kemacetan ternyata disebabkan oleh pengubahan sistem pembelian tiket masuk dari pola konvensional ke sistem daring.

Hal itu diungkapkan Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas Polres Metro Jakarta Timur Iptu Danu Prakoso dalam keterangannya kepada wartawan. Menurut dia, pengubahan sistem tersebut belum banyak dipahami masyarakat.

"Pengunjung ramai karena tadi ini (tiket) dijual secara online mungkin ada pengunjung yang belum beli online jadinya itu yang membuat sedikit kepadatan (di pintu masuk)," kata Danu, dikutip Opsi pada Senin, 26 Desember 2022.

Kendati begitu, Danu mengatakan arus lalu lintas pada Minggu, 25 Desember 2022 secara umum masih cenderung ramai lancar dan terkendali.

Kepadatan lalu lintas dan antrean kendaraan pengunjung yang ingin masuk TMII, kata dia, cenderung ramai ketika siang hari pada pukul 11.00 hingga 13.00 WIB.

"Ini akses terbaru untuk TMII sekarang dipusatkan melalui Pintu 3," ucap dia.

Lebih lanjut, Danu mejelaskan bahwa skema rekayasa lalu lintas di sekitar TMII sendiri akan diberlakukan secara situasional tergantung tingkat keramaian.

Danu mengatakan bahwa pengunjung TMII pada hari Minggu kemarin berasal dari berbagai penjuru Indonesia. Hal itu terlihat dari sejumlah pelat kendaraan penumpang masuk TMII.

Pengunjung TMII diharuskan membeli tiket masuk secara online melalui situs resmi tamanmini.com.

Baca juga: Libur Natal, Pengunjung Taman Mini Indonesia Indah Tembus 15.555 Orang

Baca juga: Jalan Menuju Taman Mini Indonesia Indah Macet 1 Kilometer di Hari Lebaran Kedua

Berdasarkan informasi yang tertera biaya tiket masuk TMII dikenakan Rp25 ribu per orang di luar biaya tiket masuk kendaraan. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya