News Rabu, 27 April 2022 | 00:04

Layanan Procurement Food Market Hub Bantu Pengusaha Atasi Problem Stok Bahan Baku

Lihat Foto Layanan Procurement Food Market Hub Bantu Pengusaha Atasi Problem Stok Bahan Baku Acquisition Lead Food Market Hub, Rona Hartriant. (Foto: Opsi/Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Platform Food Market Hub (FMH) memperkenalkan layanan pengadaan (procurement) untuk membantu para pebisnis kuliner mengelola stok bahan baku untuk restorannya pada bagian pelayanan belakang (back service) yang masih dilakukan secara manual.

Acquisition Lead Food Market Hub (FMH) Rona Hartriant mengatakan bahwa layanan ini membantu para pengusaha mengatasi permasalahan stok bahan baku di bulan Ramadan.

Berbeda dengan bulan-bulan biasanya, saat Ramadan, jam sibuk restoran kerap mengalami perubahan. Yang semula sibuk di jam makan siang dan makan malam, kini bergeser ke jam sahur (02.00 - 04.00) dan jam buka puasa (16.00 - 18.00).

"Jika restoran sudah menggunakan Food Market Hub, mereka bisa memprediksi jumlah stok bahan makanan atau minuman yang dibutuhkan berdasarkan track record, sehingga masalah kehabisan stok bahan baku bisa dihindari," kata Rona, dikutip Opsi pada Rabu, 27 April 2022.

Acquisition Lead Food Market Hub, Rona Hartriant. (Foto: Opsi/Istimewa)

FMH sendiri merupakan platform manajemen yang membantu bisnis makanan dan minuman mengotomatisasi sistem pengadaan dan inventaris barang dengan memanfaatkan Big Data dan Artificial Intelligence.

Platfotm ini membantu para pebisnis mengotomatisasi sistem pengadaan dan inventaris barang, termasuk menghubungkan pemilik restoran secara langsung ke pemasok (supplier) mereka.

Rona memastikan tingkat keamanan aplikasi FMH sehingga masalah kebocoran resep rahasia milik restoran tidak dapat terjadi.

Selain itu, kata Rona, FMH juga menyediakan prediksi stok bahan baku yang akurat dan efisien sehingga restoran dapat menghemat biaya operasional dan tetap fokus mengembangkan unsur lainnya selain bagian pelayanan belakang.

Rona melanjutkan, dengan prediksi stok bahan baku yang akurat, restoran juga mampu mengurangi limbah sisa makanan secara drastis, yang pada akhirnya menghemat biaya operasional.

Baca juga: Trik Jaga Dapur Restoran Tetap Ngebul di Masa Pandemi Ala Food Market Hub

Baca juga: Resep Banana Cake dari Chef Devina Hermawan

Bahkan, tak hanya bertahan, pemilik restoran pun bisa fokus mengembangkan restorannya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya