News Senin, 27 Desember 2021 | 19:12

Luis Milla Sampaikan Selamat untuk Timnas

Lihat Foto Luis Milla Sampaikan Selamat untuk Timnas Eks pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla. (Foto: Twitter)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Eks pelatih Timnas Indonesia Luis Milla menyampaikan selamat kepada skuad Garuda yang lolos ke final Piala AFF Suzuki 2020.

Dilihat di akun Twitter @Luismillacoach, pelatih asal Spanyol yang pernah menukangi timnas pada 20 Januari 2017, unggah ucapan selamat. Dia mendukung Indonesia menang di laga akhir.

"Congratulations @PSSI. Amazing work. Good luck for the final game and all my support from Spain," tulis Milla dilihat Senin, 27 Desember 2021.

Sebelum menjadi juru taktik, karier sepakbola Milla lumayan bagus di Spanyol. Tiga kali meraih gelar La Liga, tiga trofi Copa del Rey, dan sekali gelar UEFA Cup Winners. Untuk juru taktik, Luis Milla sukses memberikan gelar Piala UEFA U-21 untuk Timnas Spanyol.

Melatih di Indonesia, Milla diberikan tugas utama, yakni meraih medali di SEA Games 2017 dan prestasi di Asian Games 2018.

"Pekerjaan ini sangat penting bagi saya karena merupakan sebuah tanggung jawab besar untuk membentuk sebuah tim yang bagus. Saya akan mencoba mentransfer ilmu yang saya punya dari pengalaman saya di Eropa. Saya harap itu dapat membuat Timnas Indonesia mencapai performa yang diinginkan," tegas Luis Milla, dilansir dari liputan6.com.

Dalam melakukan tugasnya, Luis Milla dibantu dua asisten asal Spanyol, yakni Miguel Gandia sebagai pelatih fisik, dan Eduardo Perez sebagai asisten pelatih kiper, dan menarik Bima Sakti sebagai bagian tim pelatih.

Laga debut Luis Milla sebagai pelatih Timnas Indonesia terjadi pada 21 Maret 2017. Timnas Indonesia menjamu Myanmar pada laga persahabatan di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Bermodalkan mayoritas pemain muda, Luis Milla mendulang hasil tak sesuai harapan. Timnas Indonesia menelan kekalahan 1-3 dari Myanmar.

Baca juga:  Timnas ke Final AFF, Pengusaha Ini Berikan Bonus Rp 500 Juta

Namun, gaya kepelatihan Luis Milla yang mengandalkan pemain muda mendapatkan dukungan publik. Bersama Luis Milla, bakat-bakat muda Indonesia mendapatkan kesempatan untuk membela Timnas Indonesia senior.

Event pertama Luis Milla bersama Timnas Indonesia terjadi pada SEA Games 2017. Ketika itu, Luis Milla dipercaya menukangi Timnas Indonesia U-22.

Timnas Indonesia U-22 tergabung di Grup B bersama Thailand, Vietnam, Filipina, Kamboja, dan Timor Leste. Septian David dkk berhasil lolos ke semifinal setelah mengumpulkan 11 poin hasil tiga kali menang dan dua kali imbang.

Namun, impian meraih medali emas SEA Games 2017 pupus setelah Timnas Indonesia U-22 kalah 0-1 dari Malaysia. Timnas Indonesia U-22 meraih perunggu dari SEA Games setelah mengalahkan Myanmar 3-1 pada perebutan peringkat ketiga. []


Berita Terkait

Berita terbaru lainnya