Hiburan Senin, 03 April 2023 | 07:04

Maestro Bas Bintang Indrianto Rilis Album Bintang Indrianto's Blue Fire Project

Lihat Foto Maestro Bas Bintang Indrianto Rilis Album Bintang Indrianto's Blue Fire Project Maestro bas Indonesia, Bintang Indrianto. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Maestro bas Indonesia, Bintang Indrianto baru saja meluncurkan album teranyarnya yang diberi judul Bintang Indrianto`s Blue Fire Project. Karya ini dirilis di bawah naungan label independen Demajors.

Lewat keterangan tertulisnya, Bintang menjelaskan bahwa album Bintang Indrianto`s Blue Fire Project berisi total sebanyak 8 lagu. Karya ini tercetus kala dirinya menyambangi kawasan Banyuwangi.

"Blue Fire Project bisa ada karena Jazz Gunung. Selama empat tahun saya ada di lingkungan event tersebut," kata Bintang, dikutip Opsi pada Sabtu, 4 Maret 2023.

"Ketika kebagian untuk event yang di Ijen, Banyuwangi, saya merasa rugi kalau tidak berkolaborasi dengan musisi tradisi setempat," tuturnya.

Produksi rekaman dilakukan secara swadaya oleh Bintang di kawasan sanggraloka Jiwa Jawa, di lereng gunung Ijen. Tepatnya di beberapa kamar dan ruang terbuka area yang dikenal sebagai tempat perhelatan Jazz Gunung itu.

"Di sana juga ada pendopo dan padepokan tari, budaya lokal begitu kuat. Beberapa komposisi, seperti Gandrung Sewu, Precet, Blue Klung dan Kawah Ijen sebenarnya sepaket dengan tarian," tutur Bintang.

Maestro bas Indonesia, Bintang Indrianto. (Foto: Istimewa)

Single Gandrung Sewu yang juga menjadi fokus trek dari album terinspirasi oleh keindahan seribu patung manusia menari Gandrung, tarian khas Banyuwangi yang mengekspresikan rasa syukur paska panen, yang tersebar di area persawahan Taman Gandrung Terakota, yang menjadi bagian dari Jiwa Jawa.

Berbagai instrumen khas musik Banyuwangi yang hadir dalam rekaman dimainkan oleh salah satu talenta musik setempat bernama Andori.

"Andori itu perwakilan pekerja seni tradisi di sana, ia amat berbakat. Tidak sekadar bermain musik, ia juga piawai membuat instrumen," ujar Bintang.

Baca juga: Usung Metafora Rumah Kosong, Gangga Rilis Single Empty House

Baca juga: Dewa Budjana Gaet Astrid di Proyek Single Reliji Berjudul Lillahi Ta`ala

Saat ini, album Bintang Indrianto`s Blue Fire Project milik Bintang Indrianto sudah dapat didengarkan di berbagai platform pemutar musik digital. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya