News Sabtu, 09 April 2022 | 19:04

Mahasiswa Tuntut Jokowi Tunda UU IKN dan Tuntaskan Janji Kampanye

Lihat Foto Mahasiswa Tuntut Jokowi Tunda UU IKN dan Tuntaskan Janji Kampanye Ilustrasi - Mahasiswa dari berbagai aliansi melakukan aksi unjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. foto: Antara/Mentari Dwi Gayati.

Jakarta - Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) berencana menggelar demonstrasi di depan Istana Negara, Jakarta, pada Senin, 11 April 2022. Unjuk rasa itu rencananya diikuti sekitar 1.000 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi.

Koordinator Media BEM SI Luthfi Yufrizal mengaku, surat pemberitahuan aksi sudah dilayangkan ke Polda Metro Jaya.

"Sudah, surat sudah masuk. Bukan izin (aksi), tetapi pemberitahuan," ujar Lutfhi, Jumat, 8 April 2022, dikutip dari Kompas.com.

Baca jugaBEM SI Klaim Sudah Layangkan Izin, Ribuan Massa Geruduk Istana 11 April Mendatang

Ia pun meluruskan narasi di media sosial soal poster dengan kata-kata "STM Bergerak" atau "Sampai Jokowi Turun". Lutfhi menegaskan bahwa narasi itu bukan dari BEM SI.

"Bukan dari kami," ujar Lutfhi.

Dalam aksinya nanti, ada enam tuntutan yang akan disuarakan para mahasiswa. Tuntutan pertama, mahasiswa mendesak Presiden Joko Widodo memberi pernyataan secara terbuka kepada publik bahwa dia tegas menolak wacana menunda Pemilu 2024 dan wacana perpanjangan masa jabatan presiden.

Dua wacana itu, menurut mahasiswa, merupakan pengkhianatan terhadap konstitusi.

Baca jugaPolisi Ancam Bubarkan Demonstrasi Mahasiswa Tolak Jokowi Tiga Periode

Tuntutan kedua, mahasiswa mendesak dan menuntut Presiden Jokowi menunda dan mengkaji ulang Undang-undang Ibu Kota Negara (UU IKN), termasuk pasal-pasal bermasalah, karena itu diyakini berdampak pada lingkungan, ekologi, kebencanaan, dan kesejahteraan warga.

Tuntutan ketiga, mahasiswa menuntut Presiden Jokowi menstabilkan harga dan menjaga ketersediaan bahan pokok di pasaran, serta menyelesaikan masalah ketahanan pangan lainnya.

Tuntutan keempat, mahasiswa mendesak Presiden Jokowi mengusut tuntas kasus mafia minyak goreng dan mengevaluasi kinerja menteri terkait.

Tuntutan kelima, mahasiswa meminta Presiden Jokowi menyelesaikan konflik agraria di Indonesia.

Tuntutan keenam, mahasiswa menuntut Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin menuntaskan janji-janji kampanye sebelum masa jabatannya berakhir pada 2024. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya