News Sabtu, 09 April 2022 | 15:04

Mahasiswa Bakal Unjuk Rasa Tolak Jokowi Tiga Periode, Adian Napitupulu Bersuara

Lihat Foto Mahasiswa Bakal Unjuk Rasa Tolak Jokowi Tiga Periode, Adian Napitupulu Bersuara Adian Napitupulu (Foto: voi.id)

Jakarta - Sekjen Persatuan Nasional Aktivis (Pena) 98 Adian Napitupulu merespons adanya rencana unjuk rasa besar-besaran mahasiswa ke Istana Negara pada 11 April 2022 mendatang.

Namun, Adian merasa heran terkait isu besar demonstrasi itu, yakni perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo atau Jokowi tiga periode.

Menurutnya, yang bicara perpanjangan masa jabatan presiden bukanlah Jokowi, tetapi ada dari beberapa menteri di kabinet dan ketua umum partai politik.

Baca jugaPolisi Ancam Bubarkan Demonstrasi Mahasiswa Tolak Jokowi Tiga Periode

"Tapi sekali lagi kenapa yang didemo Jokowi?" ujar Adian dalam keterangannya dikutip dari RMOL, Sabtu, 9 April 2022.

Maka itu, Adian menilai wacana perpanjangan masa jabatan presiden itu ramai di sosial media baik WhatsApp, Tiktok dan lain-lain, memunculkan beragam narasi tuntutan yang berkembang.

Bahkan, tidak lagi soal wacana perpanjangan maupun tiga periode belaka, sekarang bahkan ada poster atas nama mahasiswa yang isinya menuntut agar Jokowi mundur dari jabatan presiden.

"Untunglah mahasiswa segera membantah bahwa tuntutan Jokowi mundur bukanlah tuntutan Mahasiswa dan poster itu hoaks belaka," kata Adian.

Baca jugaArief Poyuono: Ini Menyangkut Posisi Jokowi Sampai 2024 atau Tidak

Adian melanjutkan, di lingkaran pemerintah sendiri ada yang melempar wacana lalu sembunyi. Demikian halnya dengan adanya rencana demo mahasiswa juga ada yang melempar poster lalu sembunyi.

"Mau di manapun itu, Istana maupun jalanan, sepertinya para `pelempar batu sembunyi tangan` itu mungkin selalu ada walau dilakukan orang yang berbeda. Namun, berangkat dari motif yang sama, yaitu duduk di lingkaran kekuasaan," ucapnya.

"Ada yang ingin kekuasaan melalui perpanjangan masa jabatan ada juga yang melalui penggulingan kekuasaan," ujar Adian lagi. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya