News Kamis, 26 Januari 2023 | 14:01

Mantan Wali Kota Surakarta Persilakan Kaesang Pangarep Gabung PDIP: Kami Terima

Lihat Foto Mantan Wali Kota Surakarta Persilakan Kaesang Pangarep Gabung PDIP: Kami Terima Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo mempersilakan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep untuk bergabung ke partainya.

Demikian disampaikan F.X Rudyatmo merespons keinginan Kaesang untuk terjun ke dunia politik.

"Kalau kaum muda gabung ke PDI Perjuangan, sangat terbuka saya; termasuk Mas Kaesang kalau mau masuk PDI Perjuangan, silakan, kami terima," Rudyatmo di Surakarta, Kamis, 26 Januari 2023.

Menurut dia, PDIP selalu menyampaikan kepada kader maupun kaum muda yang belum mengerti politik agar lebih paham dalam berpolitik.

"Jadi, kita orang hidup ini berpolitik. Politik adalah seni mengelola aspirasi. Jadi, biar tahu bahwa apa tho isinya partai politik itu. Kalau enggak masuk, ya enggak ngerti," ujarnya.

"Makanya, kalau Mas Kaesang tertarik, ya saya sangat senang, (masih) muda sudah terjun ke politik," kata mantan wali Kota Surakarta itu," tuturnya menambahkan.

Menyoal potensi Kaesang untuk terjun di eksekutif maupun legislatif, mantan Wali Kota Surakarta ini menyebut bahwa semua anggota partai politik memiliki hak yang sama.

"Silakan, semua punya hak. Mau masuk eksekutif atau legislatif, itu hak semua anggota partai. Enggak ada yang bisa menghalangi semua orang. Apalagi Mas Kaesang putra presiden, jejak politik jelas karena itu mengalir juga. Segera saja daftar ke DPC untuk mendapatkan KTA (kartu tanda anggota)," ujarnya.

Kendati begitu, dia menuturkan bahwa untuk mencalonkan diri sebagai eksekutif maupun legislatif, harus melalui proses dan mekanisme yang diatur oleh peraturan partai.

"Prosesnya, kalau di partai itu ada penjaringan di tingkat anak ranting, ranting, PAC, DPC; baru disetor ke DPP dan DPD. Kemarin kan sudah kami lakukan juga, tapi semua tetap ketua umum yang punya hak prerogatif. Saya sebagai kader partai yang militan, apa pun yang diputuskan oleh ketua umum, hukumnya wajib dilaksanakan dan dimenangkan," ucapnya.

Lebih lanjut, dia berharap Kaesang dapat mengajak lebih banyak generasi muda masuk ke partai banteng moncong putih tersebut.

"Lebih banyak kan lebih senang saya. Tujuan kami adalah berjuang untuk meraih kekuasaan dan kesejahteraan rakyat, bukan untuk kesejahteraan diri sendiri. Aspirasi rakyat dikelola dengan berbagai cara, jadilah kebijakan politik partai," ucap F.X Hadi Rudyatmo.[] (Antara)

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya