News Sabtu, 12 Maret 2022 | 14:03

Menko Luhut: Pandangan Para Kiai Patut Dijadikan Rujukan

Lihat Foto Menko Luhut: Pandangan Para Kiai Patut Dijadikan Rujukan Luhut Binsar Pandjaitan dan para Kiai, Sabtu, 12 Maret 2022. (Foto: Facebook)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut dirinya mendengar banyak saran dan harapan terkait pemerintahan dari para Kiai

"Saya memahami bahwa pandangan para Kiai yang juga sesepuh masyarakat ini patut dijadikan rujukan, mengingat mereka adalah perwakilan suara masyarakat arus bawah yang saya rasa juga merasakan keberhasilan pemerintahan saat ini," kata Luhut saat berkunjung ke Surabaya, dikutip dari caption Instagram, Sabtu, 12 Maret 2022.

Luhut melakukan kunjungan kerja di Surabaya dan setiap kali kunjungan, Luhut mengaku tak pernah melewatkan untuk bersilaturahmi dengan para Kiai yang sangat dihormatinya.

"Terlebih lagi bagaimana mereka melihat sosok Presiden Jokowi yang amat besar perhatiannya pada pemberdayaan ekonomi rakyat kecil," imbuhnya.

Dalam pembicaraan dengan para Kiai, Luhut juga menyampaikan pemerintah masih fokus pada penanganan pandemi hingga progres pembangunan di seluruh sektor.

Baca juga: Luhut Binsar Pandjaitan Rekrut Eks CEO Bukalapak Gabung Kemenko Marves

Dari mulai dari hilirisasi hingga pengembangan dan pembelian produk dalam negeri yang nilainya hingga Rp 400 triliun.

Luhut mengklaim, para Kiai mengapresiasi kemajuan bangsa. Bangga terhadap keberhasilan pembangunan dan bagaimana pemerintahan Presiden Joko Widodo mampu tetap menggerakkan perekonomian bangsa meski menghadapi pandemi Covid-19. 

"Saya juga menyampaikan kabar baik kepada para Kiai bahwa dalam waktu dekat ini, keberangkatan jamaah umroh langsung dari Surabaya sudah dapat dilakukan, mengingat daftar tunggu keberangkatan umroh untuk wilayah Jawa Timur saja sudah mencapai hampir 10 ribuan jamaah," beber Luhut.

Kesempatan itu kata Luhut, pihaknya mendengar banyak saran dan harapan terkait pemerintahan yang akan terus berjalan ke depan.

Luhut kepada para Kiai juga berjanji untuk membantu menyampaikan pesan dan saran mereka terkait pemerintahan saat ini. Sehingga mereka juga bisa merasakan manfaat kemajuan bangsa lebih lama lagi. []



Berita Terkait

Berita terbaru lainnya