News Jum'at, 18 Maret 2022 | 09:03

Mobil Listrik di RI, PLN Siap Dukung Infrastruktur dan Pasokan Listrik

Lihat Foto Mobil Listrik di RI, PLN Siap Dukung Infrastruktur dan Pasokan Listrik Presiden Joko Widodo saat meresmikan mobil listrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat. (foto: Setkab).

Jakarta - PT PLN (Persero) berharap dengan masifnya kendaraan listrik maka pengurangan emisi karbon dari sektor transportasi bisa cepat dicapai. Perusahaan listrik pelat merah ini pun siap mendukung masifnya kendaraan listrik di dalam negeri agar target carbon neutral pada 2060 bisa tercapai.

"Kami PLN tentu saja mendukung penuh dan berperan aktif dalam membangun ekosistem kendaraan listrik. Mulai dari infrastruktur listrik, pasokan hingga membuat ekosistem tersebut," ujar Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangan tertulis dikutip Opsi, Jumat, 18 Maret 2022.

Baca jugaJokowi Ungkap Jurus Menjadi Pemain Kunci Mobil Listrik

Darmawan menjelaskan, PLN telah melakukan banyak hal dalam mengurangi emisi karbon di sektor kelistrikan. Mulai dari masifnya pembangunan pembangkit EBT yang tertuang dalam RUPTL juga beberapa program seperti dedieselisasi PLTD, retirement PLTU sampai pada program co-firing di PLTU.

"Kami berharap dengan masifnya kendaraan listrik maka pengurangan emisi di sektor transportasi bisa tercapai. Karena pengurangan emisi tidak hanya dari sektor kelistrikan tetapi juga transportasi," katanya.

Baca jugaPresiden Jokowi Luncurkan Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5

Untuk mendukung rencana tersebut, PLN menargetkan ada 24.720 titik stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) untuk kendaraan listrik hingga 2030 mendatang. Saat ini total SPKLU yang ada di Indonesia sebanyak 267 unit di 195 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

"PLN juga memberikan bundling insentif bagi para pemilik kendaraan listrik berupa diskon tambah daya dan pemasangan home charging station secara gratis," katanya. []

Baca jugaJokowi Optimis RI Jadi Pemain Penting Industri Mobil Listrik Global

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya