News Sabtu, 31 Agustus 2024 | 11:08

Paus Fransiskus Berkunjung ke Indonesia, GAMKI: Simbol Persaudaraan Antar Umat Beragama

Lihat Foto Paus Fransiskus Berkunjung ke Indonesia, GAMKI: Simbol Persaudaraan Antar Umat Beragama Sekretaris Umum GAMKI, Alan Christian Singkali dan Paus Fransiskus. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) menyambut kunjungan pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus ke Indonesia, pada 3-6 September 2024.

Sekretaris Umum GAMKI, Alan Christian Singkali menyebut bahwa kedatangan Paus Fransiskus adalah simbol persaudaraan antar umat beragama untuk hidup saling berdampingan di dunia.

"Kehadiran Paus Fransiskus ke Indonesia sangat penting untuk memperkukuh toleransi dan hubungan persaudaraan antar umat beragama, khususnya di tengah masyarakat Indonesia yang majemuk," kata Alan Singkali dalam keterangannya, Sabtu, 31 Agustus 2024.

Sebelumnya, lanjut dia, pimpinan organisasi pemuda lintas agama dari Indonesia telah bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan pada tanggal 21 Agustus 2024.

"Dalam pertemuan tersebut, para pemuda menyampaikan komitmen untuk mendukung dan menyebarluaskan pandangan dan nilai-nilai yang tertuang dalam Dokumen Abu Dhabi," ujarnya.

Dokumen Abu Dhabi atau Dokumen Persaudaraan Manusia untuk Perdamaian Dunia dan Hidup Bersama ditandatangani oleh Paus Fransiskus dan Imam Besar Al Azhar, Prof. Dr. Ahmad Muhammad Ath-Thayeb dalam pertemuan bersejarah pada tanggal 4 Februari 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Lebih lanjut, Alan meminta peran optimal dari para pihak terkait dalam menyukseskan rangkaian acara kunjungan Paus Fransiskus selama di Indonesia.

"Secara khusus kami mendukung Kapolri dan jajaran kepolisian yang telah mempersiapkan dengan matang pengamanan Paus Fransiskus saat mengunjungi Indonesia, antara lain dengan menggelar Latihan Pra Operasi dan Tactical Floor Game (TFG)," tuturnya.

Ia berpendapat, padatnya agenda pemerintahan, antara lain tahapan Pilkada serentak, pelaksanaan KTT IAF dan HLF MSP di Bali, serta kunjungan Paus Fransiskus membutuhkan peran pengamanan dari kepolisian.

"Kami percaya Kepolisian Republik Indonesia di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo bersama seluruh jajaran dapat mengamankan semua agenda penting tersebut," ucap Alan.[]

 

Jelang Kunjungan Paus Fransiskus, GAMKI Dukung Langkah Pengamanan Polri

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya