News Selasa, 03 September 2024 | 14:09

Paus Fransiskus Tiba di Indonesia, Ini Jadwal Lengkap Kegiatannya di Tanah Air

Lihat Foto Paus Fransiskus Tiba di Indonesia, Ini Jadwal Lengkap Kegiatannya di Tanah Air Pemimpin Gereja Katolik se-Dunia, Paus Fransiskus tiba di Indonesia pada Selasa, 3 September 2024. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Pemimpin Gereja Katolik se-Dunia, Paus Fransiskus tiba di Indonesia pada Selasa, 3 September 2024. Ia mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, sekira pukul 11.30 WIB.

Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan perjalanan apostolik di Indonesia mulai dari tanggal 3-6 September 2024.

Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus dalam rangkaian kunjungannya di Asia. 

Usai dari Indonesia, Paus Fransiskus akan kembali melawat ke Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.

Ini merupakan kunjungan pertama Paus Fransiskus ke Indonesia dalam 35 tahun setelah kunjungan Paus Yohanes Paulus II pada 1989 silam. 

Kedatangan Paus Fransiskus pun begitu dinanti-nanti, terutama oleh umat Katolik Indonesia.

Berikut jadwal kegiatan Paus Fransiskus di Indonesia.

2 September 2024

Paus bertolak dari Bandara Internasional Fiumicino Roma menuju Jakarta pada pukul 17.15 waktu Roma, Italia.

3 September 2024

Paus tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, pada pukul 11.30 WIB. Pada waktu ini, akan ada sambutan resmi dari Indonesia untuk sang Bapa Suci.

4 September 2024

Pada pukul 10.00 WIB, Paus akan melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta.

Ia selanjutnya akan bertemu dengan para pejabat pemerintahan, masyarakat sipil, dan korps diplomatik di Aula Istana Negara.

Sekitar pukul 11.30 WIB, Paus dijadwalkan melakukan pertemuan pribadi dengan anggota Serikat Jesus (Society of Jesus) di Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.

Pada pukul 16.30 WIB, Paus Fransiskus akan bertemu dengan para uskup, imam, diakon, pelaku hidup bakti, seminaris, serta katekis di Gereja Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga, Jakarta.

Paus kemudian akan bertemu para pemuda dari Scholas Occurantes di Youth Center Graha Pemuda Senayan pada pukul 17.35 WIB.

5 September 2024

Pada Kamis, Paus Fransiskus bakal menghadiri pertemuan dengan tokoh antaragama di Masjid Istiqlal, Jakarta, sekitar pukul 09.00 WIB.

Ia selanjutnya akan melakukan pertemuan dengan penerima manfaat organisasi amal di kantor Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) sekira pukul 10.15 WIB.

Pukul 17.00 WIB, Paus akan mengadakan Misa Suci atau Perayaan Ekaristi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Kegiatan ini bakal dihadiri hingga 80 ribu umat Katolik.

6 September 2024

Paus Fransiskus akan melanjutkan perjalanan dari Jakarta menuju Papua Nugini. Ia akan berangkat dari Ibu Kota menuju Port Moresby sekitar pukul 09.45 WIB melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta.[] (CNNIndonesia)

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya