Daerah Kamis, 16 Desember 2021 | 20:12

Pendapatan Retribusi Sampah di Kabupaten Manggarai Naik Selama Dua Tahun

Lihat Foto Pendapatan Retribusi Sampah di Kabupaten Manggarai Naik Selama Dua Tahun Kadis DLH Kabupaten Manggarai, Kanis Nasak. (Foto: Kureta/Adrian Juru).
Editor: Rio Anthony

Manggarai - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Manggarai, Kanis Nasak mengatakan pendapatan retribusi pengangkut sampah di daerah itu meningkat selama 2 tahun terakhir. Bahkan pencapaian tersebut telah melebihi target.

"Tahun 2020 target kita Rp 225 juta realisasinya Rp 242 juta atau 108%. Tahun 2021 naik targetnya Rp 270 juta dan realisasinya Rp 303 juta atau 113%. Pencapaian melampaui target terus selama 2 tahun dan tepat ini saya 2 tahun di Dinas DLH," tutur Kanis ketika diwawancarai wartawan di ruangan kerjanya.

Tepat hari ulang tahun masa jabatannya sebagai kepala dinas DLH, Kanis melakukan rapat evaluasi kerja dengan para petugas kebersihan dan pengangkutan sampah di Balai kantor DLH Kabupaten Manggarai, Kamis 16 Desember 2021.

Kanis menjelaskan strategi DLH meningkat pendapat adalah pelayanan terbaik terhadap pelanggan atau masyarakat.

"Tentu ada pertanyaan apa starategi kami dalam meningkatkan PAD dari retribusi pengangkutan sampa? jawabannya adalah tingkatkan pelayanan yang baik. Kalau pelayanan kami baik maka pelanggan juga senang dan membayar," jelasnya.

Selain meningkatkan pendapatan retribusi pengangkutan sampah Pemerintah Kabupaten Manggarai, melalui dinas lingkungan hidup akan memperluas tempat pembuangan akhir (TPA) di Ncolang dan di Kecamatan Reok.

"Tahun 2022 perluasan TPA di Ncolang dan di Reo itu akan kita lalukan. Yang penting jangan keluar dari regulasi. Karena panglima tertinggi adalah aturan," pungkas Kanis. []

Penulis: Adrian Juru

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya