Daerah Selasa, 02 Agustus 2022 | 16:08

Personel TNI Kodim 0110 Abdya Bantu Warga dengan Membuka Akses Jalan Baru

Lihat Foto Personel TNI Kodim 0110 Abdya Bantu Warga dengan Membuka Akses Jalan Baru Personel TNI Kodim 0110 Abdya saat sedang bekerja di titik nol pembukaan jalan. (Foto: Opsi/Syamsurizal).
Editor: Rio Anthony Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Anggota Kodim 0110 Aceh Barat Daya (Abdya) Provinsi Aceh terus memacu kesiapan pembukaan badan jalan baru yang menghubung dua desa di Kecamatan Lembah Sabil, yakni Desa Kaye Aceh dengan Desa Suka Dame.

Pantauan Opsi, selain menggunakan dua alat berat, pengerjaannya juga dilakukan oleh personel Kodim 0110 Abdya seperti membuat talut, gorong-gorong dan sebagainya.

"Kami bersyukur program ini berlangsung di desa kami. Kehadiran program ini sangat membantu kami," kata Nur Habibah, seorang ibu rumah tangga di desa setempat, Selasa, 2 Agustus 2022.

Nur Habibah merupakan salah satu warga yang rumahnya tepat di titik nol pembukaan jalan baru menuju pegunungan. Kata dia, walau belum siap 100 persen namun, manfaatnya sudah bisa dirasakan.

"Kami menyambut baik para TNI membangun desa kami. Tiap hari kami melihat mereka dengan semangat bekerja walau dalam hujan dan terik matahari," sebutnya.

Sebelumnya diberitakan, Petani di Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, bersyukur atas dibukanya akses jalan ke lahan pegunungan.

Ini diinisiasi melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-114 tahun 2022.

Dengan dibukannya akses ini, puluhan petani tidak lagi harus menggendong hasil panen di punggung. Kini, sudah bisa menggunakan kendaraan untuk membawa hasil panen dari kebun ke pasar.

"Ada lebih 50 petani yang berkebun di sepanjang akses jalan TMMD ini. Kami sangat senang akses ini dibuka," kata Rizwan, petani asal Desa Kaye Aceh, Kecamatan Lembah Sabil, Senin, 1 Agustus 2022. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya