News Selasa, 31 Januari 2023 | 15:01

PKS Nyatakan Usung Anies Baswedan, Deklarasi 24 Februari 2023

Lihat Foto PKS Nyatakan Usung Anies Baswedan, Deklarasi 24 Februari 2023 Anis Baswedan. (Foto: Ist)
Editor: Tigor Munte

Jakarta - Anies Baswedan semakin kuat mendapat dukungan dari partai politik atau parpol untuk pencapresannya pada Pemilu 2024.

Setelah dideklarasikan Partai Nasdem pada 3 Oktober 2022 oleh Surya Paloh dan pengurus partainya, menyusul kembali PKS menyampaikan sikap serupa.

PKS melalui Wakil Ketua Majelis Syura Mohamad Sohibul Iman menyampaikan sikap partainya dalam konferensi pers, Senin, 30 Januari 2023.

Dia menyebut, usai menemui Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Al Jufri dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu, dukungan kepada Anies mengkristal.

"Yang pertama Dr. Salim dan Ahmad Syaikhu menyampaikan sikap PKS, sebagaimana ditunjukkan dalam tim kecil koalisi partai-partai pendukung Anies Rasyid Baswedan, PKS konsisten menjadi bagian dari koalisi partai-partai pengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024 sehingga koalisi ini memenuhi PT 20 persen, ini menutup pertanyaan kemana arah koalisi PKS," kata Sohibul. 

Baca juga: PKS Setuju Paketkan Anies Baswedan dan Khofifah Indar Parawansa di Pilpres 2024

Sementara itu terkait deklarasi pencapresan, disebutnya akan dilakukan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PKS pada 24 Februari 2023 mendatang. 

"Penegasan dukungan secara eksplisit Deklarasi Anies Baswedan, PKS akan menyampaikan usai rapat badan pekerja Majelis Syura pada saat rakernas nanti, dan bisa saja dipercepat sesuai konstelasi politik yang terjadi," tuturnya. 

Sebelumnya, Partai Demokrat melalui ketua umumnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga secara resmi menyatakan mengusung Anies Baswedan.

AHY menyatakan sikapnya itu pada Kamis, 26 Januari 2023 lalu.  Soal cawapres pendamping Anies, AHY menyebut diserahkan sepenuhnya kepada Anies.

Dia mengatakan, Anies merupakan representasi dari tokoh perubahan dan dinilai pas sebagai gerbong perubahan untuk Pemilu 2024 mendatang. 

Dukungan untuk Anies Baswedan sebagai kandidat capres:

Partai NasDem deklarasi pada 3 Oktober 2022.

Partai Keadilan Sejahtera akan deklarasi pada 24 Februari 2023

Partai Demokrat resmi mendukung sesuai pernyataan AHY pada 26 Januari 2023.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya