News Kamis, 07 April 2022 | 15:04

Presiden Jokowi Kunjungi Candi Kedaton di Muaro Jambi

Lihat Foto Presiden Jokowi Kunjungi Candi Kedaton di Muaro Jambi Presiden Joko Widodo (Jokowi) seusai meninjau Candi Kedaton, di Kawasan Cagar Budaya Nasional Muaro Jambi, di Jambi, Kamis, 7 April 2022. (foto: ANt).

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Candi Kedaton di Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muaro Jambi, Provinsi Jambi, pada Kamis siang, 7 April 2022.

Di kompleks candi tersebut, Presiden Jokowi mencermati teknologi pembangunan candi pada masa lalu, yang tidak menggunakan semen sebagai perekat bata.

"Kalau kita melihat, begitu kita masuk, yang ada adalah tumpukan tumpukan bata yang sudah lebih dari 1.000 tahun, karena ini adalah (dari) abad ke-7," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya Kamis, 7 April 2022.

Presiden juga mengemukakan bahwa Kawasan Cagar Budaya Nasional Muaro Jambi pada masa lalu merupakan pusat pendidikan terbesar di Asia, tempat pendidikan teologi, kedokteran dan obat obatan, filsafat, serta arsitektur dan seni berkembang.

"Artinya apa, peradaban kita saat itu sudah meng-internasional dan terbuka. Ini lah yang sejarah yang perlu kita lestarikan, agar jejak-jejak peradaban kita di bidang pendidikan utamanya, bisa kita ketahui," katanya.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pemerintah berencana merestorasi Kawasan Cagar Budaya Nasional Muaro Jambi yang luasnya 3.980 hektare. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya