News Rabu, 17 November 2021 | 14:11

Presiden Jokowi Resmi Lantik Jenderal Andika Perkasa Sebagai Panglima TNI

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 17 November 2021.

Sekretaris Militer Presiden, Marsda. TNI M. Tonny Harjono membacakan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 106 TNI Tahun 2021 tentang pemberhentian dan pengangkatan panglima Tentara Nasional Indonesia, perihal memutuskan, menetapkan, dan memberhentikan dengan hormat Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dari jabatannya sebagai Panglima TNI.

Pada poin berikutnya, disebutkan juga Presiden Jokowi resmi mengangkat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia. 

"Keputusan Presiden Republik Indonesia ini mulai berlaku sejak saat pelantikan pejabat sebagaimana dimaksud pada diktum kedua Keputusan Presiden ini ditetapkan di Jakarta pada tanggal 17 November 2021," kata Tonny dikutip dari YouTube Sekretriat Presiden, Rabu hari ini.

Presiden Jokowi kemudian mengambil sumpah Jenderal Andika sesuai dengan sumpah beragama Islam.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan seluruh-seluruhnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara, bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan penuh dengan rasa tanggung jawab bahwa saya akan menjunjung tinggi Sumpah Prajurit," kata Jokowi diikuti secara serupa oleh Jenderal Andika Perkasa.

Adapun penandatanganan peresmian Andika Perkasa menjadi Panglima TNI turut disaksikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menkopolhukam Mahfud Md. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya