Pilihan Jum'at, 14 Januari 2022 | 13:01

Profil Fico Fachriza, Komedian Tunggal Cucu Murad Aidit

Lihat Foto Profil Fico Fachriza, Komedian Tunggal Cucu Murad Aidit Momen Fico Fachriza kecil bersama Murad Aidit. (Foto: Twitter/ficofachriza_)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Nama Fico Fachriza menuai sorotan publik usai ditangkap polisi atas kasus dugaan penyalahgunaan narkotika jenis sintetis, tembakau gorilla. Warganet, kembali mengungkit jati diri sang komedian yang ternyata cucu dari Murad Aidit, adik dari petinggi PKI, DN. Aidit.

Fico Fachriza dikenal publik sebagai pelawak tunggal alias stand up comedy-an yang berjaya lewat kompetisi Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) di stasiun televisi Kompas TV.

Namanya kian berkibar usai menembus babak lima besar dan menjadi juara kedua ajang SUCI Kompas TV musim ketiga pada tahun 2013 silam, lewat personanya yang terkesan bodoh, naif dan polos.

Usai meroketkan karier di dunia pertelevisian, pria kelahiran 24 Mei 1994 itu mulai merambah ke dunia akting dengan bermain di sejumlah film layar lebar.

Alumni SMA Negeri 5 Depok itu, tercatat pernah tampil dalam beberapa judul film, antara lain Manusia Setengah Salmon, Tak Kemal Maka Tak Sayang, dan Comic 8: Casino King Part 1 dan 2.

Komedian Fico Fachriza. (Foto: Instagram/ficofachriza_)

Di balik kebesaran namanya di dunia hiburan, Fico Fachriza sempat menggegerkan publik dengan pengakuannya sebagai mantan pecandu narkoba.

Pada tahun 2017 silam, ia mengaku pernah menghabiskan banyak uang lantaran ketergantungan tembakau gorilla.

Tak hanya pengakuannya sebagai mantan pecandu, Fico Fachriza juga pernah mengungkap mengenai jati dirinya sebagai bagian dari keluarga besar yang terafiliasi dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Lewat cuitan di akun Twitternya pada tahun 2020 lalu, Fico mengakui bahwa kakeknya adalah Murad Aidit, yang tak lain adalah adik dari petinggi PKI, Dipa Nusaantara Aidit.

Lewat cuitan pada 23 September 2020 itu, Fico fachriza juga mengunggah foto masa kecilnya yang tengah berpose dengan sosok Murad Aidit.

Baca juga: Jenguk Ardhito Pramono, Jeanneta Sanfadelia Tak Lagi Bungkam

Baca juga: Curhat Ardhito Pramono Jadi Korban Pelecehan Seksual

"September, bulan-bulannya rame diwawancarain seputar PKI. Kemaren udah sama bbc.Anw, ini foto gua sama kakek gua, Murad Aidit," cuit Fico Fahriza, dikutip Opsi pada Jumat, 14 Januari 2022. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya