Daerah Sabtu, 08 Oktober 2022 | 15:10

Rayakan Maulid Nabi, Pesawat DS.02 Mataie Kelilingi Pusat Kota Aceh Barat Daya

Lihat Foto Rayakan Maulid Nabi, Pesawat DS.02 Mataie Kelilingi Pusat Kota Aceh Barat Daya Pawai perayaan Maulid masyarakat Kemukiman Kutatinggi Abdya keliling pusat kota. (Foto: Opsi/Syamsurizal)
Editor: Fernandho Pasaribu Reporter: , Syamsurizal

Aceh Barat Daya - Balai Maulid berbentuk pesawat dengan nama DS.02 Mataie mengelilingi ibu kota Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh dalam pawai keliling bersama puluhan jenis balai maulid lainnya.

Dalam rangka memeriahkan Maulid Nabi, kegiatan ini dilakukan oleh masyarakat Kemukiman Kutatinggi, Kecamatan Blangpidie Abdya yang di dalamnya ada lima desa, yakni Desa Geulumpang Payong, Kutatinggi, Mataie, Babahlung, dan Panton Raya.

Puluhan balai maulid baik itu, balai buah segar, balai makanan ringan, balai pulut, balai nasi, dan balai masakan beragam menu yang dibuat masyarakat berkumpul di satu titik.

Setelah berkumpul, semua balai yang dibuat warga di atas kendaraan jenis becak dan mobil kemudian bergerak melakukan pawai dengan diikuti oleh ratusan kendaraan warga.

Rute yang ditempuh melalui jalan depan Mapolres Abdya, kemudian ke jalan dua jalur kantor Bupati Abdya. Selanjutnya melaju ke arah pusat kota Blangpidie, berbelok ke jalan At-taqwa, kemudian ke jalan desa Kantor Pos Blangpidie.

Selanjutnya melintas di depan kantor Polsek Blangpidie dan masuk ke jalan Desa Kutatinggi untuk kemudian berkumpul di Masjid Kemukiman yakni Masjid Baitul Ali.

Di masjid ini semua makanan dan minuman yang ada dalam balai-balai diserahkan kepada panitia untuk kemudian menjadi hidangan para tamu undangan dan santri-santri dari sejumlah pesantren yang diundang untuk berzikir maulid.

Kepala Desa Mataie, Junaidi mengatakan pawai keliling kota sudah menjadi rutinitas warga di Kemukiman Kutatinggi di setiap tahunnya. Masyarakat sangat antusias, terbukti dengan diciptakannya beragam balai maulid dan padanya saat pawai.

"Pawai seperti ini memang sudah menjadi rutinitas warga kita setiap tahun dalam perayaan maulid Kemukiman," kata Junaidi, Sabtu, 8 Oktober 2022.

Tahun ini, lanjutnya, tidak ubah seperti tahun-tahun sebelumnya dimana beragam balai maulid diciptakan warga sedemikian rupa untuk kemudian mengikuti pawai sebelum menjadi hidangan di masjid.

"Semua masyarakat antusias menyambut bulan kelahiran nabi kita Muhammad SAW," katanya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya