Hiburan Sabtu, 25 Februari 2023 | 11:02

Respons Kehilangan Kucing Kesayangan, Rachun Luncurkan Single Sendiri

Lihat Foto Respons Kehilangan Kucing Kesayangan, Rachun Luncurkan Single Sendiri Grup band Rachun. (Foto: Istimewa)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Unit rock kelahiran Gang Potlot, Rachun, kembali merilis single teranyar mereka bertajuk Sendiri. Karya ini, ditulis sebagai respons kehilangan sang vokalis, Firas Raditya, atas kematian kucing kesayangannya.

Lewat keterangan tertulisnya, grup band yang digawangi Firas (bass/vokal), Yudhis (gitar/vokal), dan Ode (drum) itu mengatakan bahwa lagu ini menceritakan kerinduan yang muncul karena sepinya malam.

Nuansa itu, kata mereka, kerap membikin otak berfokus menyelami memori-memori yang tidak bisa diulang. Sialnya, menyelam terlalu lama bisa membuat kita tenggelam.

Kalau sudah tenggelam, kerinduan bisa berubah jadi penyesalan dan kita pun cuma bisa berharap sosok yang kita rindukan bisa hadir menemani di malam yang sepi.

"Dalam konteks gue, malam itu kerinduan yang muncul adalah kenangan gue pada sosok mendiang kucing yang sebelas tahun gue pelihara, Voodoo namanya. Saking lamanya dipelihara, Voodoo bisa berinteraksi dengan manusia," kata Firas, dikutip Opsi pada Sabtu, 25 Februari 2023.

"Misalnya, kalau lapar, dia bisa buka pintu pendingin makanan untuk menarik perhatian gue. Atau kalau gue lagi jarang di rumah, waktu gue pulang, Voodoo pasti menghampiri dan menjilat-jilat tangan sampai muka gue, yang gue tangkap sebagai ekspresi kangennya," tuturnya.

Artwork single Sendiri milik grup band Rachun. (Foto: Istimewa)

Di tahun kesebelas Firas memelihara Voodoo, ada tumor yang tumbuh di balik hidungnya. Selama beberapa bulan, kondisi kesehatan kucing malang itu naik-turun.

"Kalau agak sehatan, gue ajak dia berjemur di halaman rumah. Tapi kalau lagi nge-drop, jangankan berjemur, melihat Voodoo jalan aja gue enggak tega," katanya.

Pada suatu pagi, Firas memarahi Voodoo karena tak kunjung berhenti mengeong. Firas tahu kalau dia bermaksud membangunkan tuannya dan meminta diajak berjemur. Tetapi Firas merasa terganggu dan memasukan sang kucing ke dalam kandang, lantaran dirinya justru baru ingin memulai tidur.

"Di malam gue menulis (lagu) Sendiri, kenangan pagi itu pekat mengganggu pikiran gue karena beberapa hari setelah kejadian itu, Voodoo `sembuh` saat gue lagi enggak ada di rumah," tutur Firas.

Baca juga: Tissa Biani Rilis Single Rindu yang Palsu Ciptaan Oncy Ungu

Baca juga: 10 Jadi Band Cafe, Nu Seven Rilis Single Perdana Bertajuk Mr. Blank

Saat ini, single Sendiri milik Rachun sudah dapat didengarkan di berbagai platform pemutar musik digital. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya