Daerah Kamis, 02 Desember 2021 | 11:12

Ridwan Kamil: Sri Sultan Hamengkubuwono X, Sosok Orang Tua yang Patut Diteladani

Lihat Foto Ridwan Kamil: Sri Sultan Hamengkubuwono X, Sosok Orang Tua yang Patut Diteladani Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Sri Sultan Hamengkubuwono X. (Foto: Ospi/Biro Adpim Jabar)
Editor: Yohanes Charles

Yogyakarta - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa Sri Sultan Hamengkubuwono X adalah sosok orang tua yang wajib diteladani. 

Hal ini diungkapkan pria yang akrab disapa Kang Emil ini dalam sambutannya pada acara malam puncak Pesona Jabar di Candi Prambanan Yogyakarta pada Rabu malam, 1 Desember 2021.

Menurut Kang Emil, pada masa kepemimpinan Sri Sultan Hamengkubuwono X, berhasil mencetak sejarah dengan menghadirkan nama jalan Siliwangi dan Padjajaran di Yogyakarta.

 Sebaliknya ada nama Jalan Hayam Wuruk dan  Majapahit di belakang Kantor Gubernur Jabar di Gedung Sate Kota Bandung.

"Mewakili masyarakat Jawa Barat saya mengapresiasi di zaman Sri Sultan (Hamengkubuwono X) penguatan sinergi dua budaya Jawa-Sunda terwujud dengan konkret," ucap Kang Emil.

Dalam kesempatan ini pun Kang Emil mengundang Raja Keraton Ngayogyakarta itu berkunjung ke Bandung. 

Diketahui pada masa lalu, Sri Sultan Hamengkubuwono X punya kenangan manis di Kota Bandung dalam menemukan tambatan hatinya. Jalan Panaitan menjadi saksi kisah cinta Sri Sultan dan Gusti Kanjeng Ratu Hemas.

Gayung pun bersambut, Gubernur Yogyakarta itu pun beranca akan memenuhi undangan Kang Emil pada 7 Desember 2021 nanti.

Tak hanya untuk menindaklanjuti kerjasama dua provinsi DIY -Jabar. Namun, Sri Sultan akan diajak berkeliling oleh Kang Emil untuk mengenang masa muda saat mengejar cinta Kanjeng Ratu Hemas.

“Saya ke Bandung acaranya tanggal 7 keliling Bandung nostalgia masa lalu,” pungkasnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya