Hiburan Jum'at, 07 April 2023 | 03:04

Roberto Pieter Jadi Ketua Umum, Situs Resmi Imarindo Diluncurkan

Lihat Foto Roberto Pieter Jadi Ketua Umum, Situs Resmi Imarindo Diluncurkan Suasana silaturahmi dan buka puasa bersama Imarindo. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Ikatan Manajer Artis Indonesia (Imarindo) meluncurkan situs resmi berisi informasi terintegrasi mengenai kegiatan organisasi, kepengurusan, program kerja hingga pendaftaran anggota baru.

Peluncuran situs resmi beralamat website imarindo.com dilakukan dalam gelaran silaturahmi dan buka puasa bersama di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, pada Kamis malam, 6 April 2023.

Ketua Umum Imarindo, Roberto Pieter mengatakan bahwa selain silaturahmi dan berbuka puasa bersama, acara yang diramaikan oleh Not Tujuh, Indra THE RAIN, Marion Jola, Rayen Pono, Caffeine, Keljom Rimar dan Hura-Hura Club ini juga diisi dengan rapat pleno penetapan kepengurusan baru Imarindo periode 2022-2027.

"Semoga sebagai asosiasi, kami IMARINDO bisa berjalan dan berfungsi baik bagi anggota dan pihak terkait dan seluruh masyarakat pada umumnya", tutur Roberto Pieter, dikutip Opsi pada Jumat, 7 April 2023.

Imarindo atau Ikatan Manajer Artis Indonesia sendiri merupakan organisasi yang mewadahi para manager artis, musisi, entertainer dan pelaku seni lainnya di seluruh Indonesia.

Organisasi tersebut dibentuk untuk membantu kinerja dan persoalan para manager artis serta artis yang di handle-nya dengan penyelenggara event (EO) dan promotor, bahkan juga dengan media tv, radio, cetak, dan online.

Keberadaan manajer artis, kata Robert, sangat diperlukan agar para artis, musisi dan pelaku seni lainnya di Indonesia ini memiliki orang-orang yang profesional serta kompeten dalam mengawasi hal-hal manajerial artis.

Dengan adanya profesionalitas Imarindo, kasus-kasus yang mungkin saja terjadi dalam dunia keartisan atau permasalahan antara artis dan manajer baik secara manajerial ataupun kode etik profesi bisa lebih diminimalisir.

Lantaran itu, para manager artis, musisi dan pelaku seni lainnya ini membutuhkan pembekalan pengetahuan serta keahlian khusus untuk mengantisipasi perkembangan di dunia hiburan nasional dan global, berperan serta sesuai fungsinya sebagai pengelola aset seni nasional.

"Melalui Imarindo para manajer artis di Indonesia bisa terverifikasinya keprofesionalitasnya, sehingga kedepannya Imarindo menjadi salah satu bagian penting dalam perjalanan dunia seni di Indonesia," kata Robert.

Suasana silaturahmi dan buka puasa bersama Imarindo. (Foto: Opsi/Eno Suratno Wongsodimedjo)

Di tahun 2023 ini, Imarindo memasuki usia 7 tahun sejak didirikan tahun 2016, merunut waktu sejak dideklarasikan untuk pertama kali pada 13 September 2017 lalu.

Saat ini, Imarindo sudah berhasil mendata sekitar 300 orang lebih yang berprofesi sebagai manager artis, musisi dan pelaku seni lainnya, yang terdaftar sebagai anggota.

Di Jakarta Design Center, Tanggal 14 Desember 2022 lalu merupakan sejarah bagi Imarindo yang berhasil menyelenggarakan Musyawarah Nasional yang pertama dengan baik dan lancar.

Di mana di dalamnya terdapat laporan pengurus periode 2017-2022, sidang komisi dan paripurna, pemaparan visi misi Calon Ketua Umum serta voting offline dan online ketua umum secara demokratis.

Dalam acara itu, Roberto Pieter terpilih menjadi Ketua Umum untuk masa jabatan tahun 2022-2027, yang diharapkan menjadi sebuah langkah menuju Imarindo yang lebih baik lagi.

"Kami ingin Imarindo ini sebagai asosiasi profesi yang membidangi manajemen keartisan," ujar Robert.

Baca juga: Jaringan Jurnalis Musik Sosialisasikan Ajang Penghargaan Kaset Awards

Baca juga: Titiek Puspa Raih Anugerah Forever Music Amin dari Musica`s Studios

"Sehingga dapat mendukung seluruh kegiatan yang berurusan dengan industri kreatif baik dari segi ekonomi kretatif, sosial budaya, dan segala bentuk karya anak bangsa secara lebih luas lagi", ucapnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya