Hiburan Minggu, 19 Maret 2023 | 02:03

Jaringan Jurnalis Musik Sosialisasikan Ajang Penghargaan Kaset Awards

Lihat Foto Jaringan Jurnalis Musik Sosialisasikan Ajang Penghargaan Kaset Awards Suasana konferensi pers sosialisasi Kaset Awards 2023. (Foto: Ibonk)
Editor: Eno Dimedjo

Jakarta - Kumpulan wartawan musik yang tergabung dalam Jaringan Jurnalis Musik kembali mengumumkan rencananya untuk menggelar ajang penghargaan Kaset Awards 2023.

Berbicara dalam konferensi pers di Creative Hall, M Bloc Space, Jakarta, Andree Stroo selaku penggagas Kaset Awards mengatakan bahwa acara penghargaan bagi insan permusikan Indonesia dari para jurnalis ini, diagendakan untuk digelar pertama kali pada Mei 2023 mendatang, dengan mengusung 10 kategori.

"Kategori-kategori dalam Kaset Awards tidak dibagi dalam konsep genre," kata Andree Stroo, dikutip Opsi pada Sabtu, 18 Maret 2023.

"Akan ada pula kategori-kategori di Kaset Awards yang jadi pembeda dari ajang penghargaan lain. Misalnya, Konser Terbaik dan Festival Musik Terbaik," tuturnya.

Kesepuluh kategori yang dimaksud adalah Pendatang Baru Terbaik, Solois Pria Terbaik, Solois Wanita Terbaik, Band Terbaik, Kolaborasi Musik Terbaik, dan Soundtrack Lagu Terbaik.

Selain itu, ada pula kategori Artwork Terbaik, Video Klip Terbaik, Konser Terbaik, dan Festival Musik Terbaik.

Suasana konferensi pers sosialisasi Kaset Awards 2023. (Foto: Ibonk)

Kaset Awards sendiri merupakan penghargaan yang diberikan Jaringan Jurnalis Musik kepada para pelaku industri musik Indonesia.

Adapun Jaringan Jurnalis Musik sendiri kini beranggotakan sekitar 50 wartawan musik dari berbagai media yang berbasis di Jakarta, Bandung, Malang, Makassar, Purwokerto, Yogyakarta hingga New York, Amerika Serikat.

Saat ini, kata Andree Stroo, di Indonesia hanya ada satu ajang penghargaan (award) untuk musik yang jadi acuan, yakni Anugerah Musik Indonesia atau AMI.

Dengan adanya Kaset Awards, ucap dia, para pelaku industri musik diharapkan lebih militan lagi dalam berkarya dan ekosistem industri musik Tanah Air semakin menggeliat.

"Di beberapa negara besar, mereka memiliki lebih dari satu award musik di mana setiap award memiliki karakteristik tersendiri," ujar Andree Stroo.

Konferensi pers sosialisasi Kaset Awards turut dimeriahkan kehadiran sejumlah musisi seperti The Rain, Marion Jola, dan Nadya Fatira. Acara ini juga didukung oleh M Bloc Space dan M Bloc Market.

Baca juga: Titiek Puspa Raih Anugerah Forever Music Amin dari Musica`s Studios

Baca juga: Electroguns Angkat Tema Hubungan Asmara Tak Sehat di Single (It Feels Like) a Toxic

Selain Andree Stroo, perwakilan Deteksi Production Harry "Koko" Santoso, Ketua Umum IMARINDO Robert Pieter, dan jurnalis sekaligus penanggung jawab data Kaset Awards, Mahdesi Iskandar tampil sebagai narasumber. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya