Daerah Rabu, 29 Desember 2021 | 19:12

Sambangi BPKS di Sabang, Rafli Motivasi Upaya Raih Market Dunia di Jalur Selat Malaka

Lihat Foto Sambangi BPKS di Sabang, Rafli Motivasi Upaya Raih Market Dunia di Jalur Selat Malaka Rafli sambangi Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) dalam kunjungan reses di Kota Paling barat Indonesia, Provinsi Aceh, Selasa, 28 Desember 2021.(Foto:Opsi/Istimewa)

Aceh - Anggota Komisi VI DPR RI, Rafli sambangi Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) dalam kunjungan Reses di Kota Paling barat Indonesia, Provinsi Aceh, Selasa, 28 Desember 2021.

Kedatangan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu diterima langsung oleh Kepala BPKS Iskandar Zulkarnain di ruang kerjanya di Kuta Barat, Sukakarya, Kota Sabang.

Dalam kunjungannya, Rafli berharap agar daerah tersebut kembali mendapat market dunia. Musababnya, Kota Sabang pernah menjadi jalur maritim ekonomi dunia.

"Kota Sabang familiar kita kenal juga dengan Pulau Weh pernah jadi jalur maritim ekonomi dunia. Hal ini setidaknya menjadi motivasi awal kita bersinergi dalam upaya meraih kembali market dunia di jalur Selat Malaka," kata Rafli dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 29 Desember 2021.

Senada dengan Rafli, Iskandar Zulkarnain mengatakan bahwa untuk membangun kawasan Sabang, dibutuhkan kerja sama dan sinergitas seluruh pihak.

"Kita akan berupaya maksimal, walaupun dengan anggaran yang sangat terbatas pada tahun 2021. Membangun Kawasan Sabang butuh sinergi dan terintegrasi secara utuh, sebagai mitra kita sangat berterima kasih perhatian serius anggota Komisi VI DPR RI, Bapak Rafli," ujar Iskandar.

Dia menjelaskan, BPKS memiliki Pelabuhan CT-1 dan CT-3, di mana kedalaman alaminya mencapai 22 meter. Oleh sebab itu, hal ini menjadi salah satu daya tarik utama bagi calon investor untuk dikembangkan sebagai pelabuhan hubungan internasional.

"Harapan kita pada masanya Pelabuhan tersebut mampu melayani kapal peti kemas berukuran 10.000 twenty-foot equivalent unit (TEUs) sehingga menjadi pintu masuk arus logistik ke wilayah Indonesia Barat," ucapnya.

Hadir pada pertemuan kemitraan siang itu ada anggota Komisi VI DPR RI Rafli didamping Tenaga Ahli DPR RI, dan Kepala BPKS Iskandar Zulkarnain bersama sejumlah Pejabat BPKS lainnya.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya