Daerah Minggu, 27 Februari 2022 | 16:02

Sekolah Al-Araf Abdya Pupuk Mental Murid Melalui Pentas Seni

Lihat Foto Sekolah Al-Araf Abdya Pupuk Mental Murid Melalui Pentas Seni Penampilan Murid TK/Paud Sekolah Al-Araf Aceh Barat Daya. Foto: Opsi/Syamsurizal.

Aceh Barat Daya - Murid tingkat PAUD dan TK di Al-Araf Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya mengasah mental siswanya melalui pentas seni tahunan. Al-Araf percaya bahwa setiap anak mememiliki potensi berharga.

"Dan itu adalah modal untuk masa depan yang cerah dan itu juga tujuan utama sekolah Al Araf mengelar pentas seni tahunan," kata Ketua Panitia Pentas Seni Al-A’raf Sub PAUD dan TK, Rafina di Abdya, Minggu, 27 Februari 2022.

Menurutnya, 138 siswa-siswi PAUD/TK Al-Araf akan menampilkan berbagai nomor performance dan skill budaya. Al A’raf sebagai sekolah inklusi yang senantiasa melakukan inovasi dalam segala hal terkait pengembangan karakter anak didik, telah mengadakan acara ini sejak tahun 2015.

Baca juga: Mesjid Agung Abdya, Ikon Destinasi Wisata Religi yang Semakin Dikenal

Rafina melanjutkan, sebagai ajang kreativitas siswa dan guru, pentas seni Al A’raf tahun ini bertajuk Creativity is Intelligence Having Fun (kreativitas adalah kecerdasan yang sedang menikmati waktu bermain).

"Kita mengadopsi kalimat yang berasal dari kutipan kata ahli fisika pemenang Nobel, Albert Einstein. Kita berkomitmen untuk menyediakan pendidikan yang mengembangkan kreativitas serta kecerdasan," ucapnya.

“Yang pertama, kami percaya bahwa setiap anak cerdas, setiap anak kreatif dan tugas para guru-lah untuk mengeluarkan segala potensi yang mereka miliki," ujar Rafina lagi.

Siswa-siswi Paud dan TK Al-Araf Blangpidie Abdya saat sedang memperagakan tarian Foto: Opsi/Syamsurizal.

Dia menyebutkan, dalam pentas seni ini siswa PAUD dan TK akan menampilkan berbagai jenis kesenian khas daerah seperti tari Ranup Lampuan dan Ratoh Jaroe, tari Kun Anta dan Tari Medley, tarian Pasang Jabet.

"Juga beberapa tari dari daerah lain seperti Badindin dan Ampar-ampar Pisang," ucapnya.

Rafina menambahkan, karena Al A’raf adalah sekolah inklusi, yang menerima siswa dengan anak berkebutuhan khusus (ABK), maka jadi menarik diketahui efek apa yang akan diperoleh siswa ABK ketika mengikuti kegiatan ini.

“Justru dengan mengikuti kegiatan tari, drama, juga pembacaan puisi misalnya, yang mengintegrasikan kerja otak dan otot, akan sangat membantu anak berkebutuhan khusus untuk semakin pandai mengkoordinasikan kerja intelektual mereka dengan kerja motorik," ucap Rafina.

Baca juga: Murid TK Al-Araf Abdya Aceh Tampilkan Kolaborasi Tarian Daerah

Menurutnya, dengan kegiatan ini juga akan menambah rasa percaya diri anak didik, membiasakan dan melatih skill mereka berinteraksi sosial. Karena itulah kegiatan di sekolah ini termasuk pentas seni dirancang sedemikian rupa hingga dapat memupuk dan mengembangkan skill semua siswa, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus.

Dia menerangkan, sekolah Al Araf yang juga merupakan sekolah perintis, pelopor sekolah bilingual dan sekolah inklusi di Abdya.

Sebagaimana diketahui, sekolah inklusi adalah sekolah yang memberikan layanan pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus.

Dia berujar, Al-Araf punya misi untuk meluaskan cakrawala anak-anak didik dengan memperkenalkan budaya daerah lain.

"Sebab, kalau dilihat dari lokasi, kami adalah sekolah di kabupaten, yang belum biasa terekspos pada masukan dari luar daerah," ucapnya.

Sebab itu, pihaknya menganggap penting bagi anak-anak agar sejak dini mengenal budaya daerah lain, soal bagaimana orang di daerah lain berkomunikasi.

"Sehingga nantinya mereka memiliki dasar yang kuat untuk bersaing di dunia global. Dab yang patut dicatat dari penampilan siswa-siswi Al Araf adalah, rasa percaya diri serta kegembiraan yang jelas terpancar dari wajah mereka," ucapnya. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya