Pilihan Rabu, 14 September 2022 | 19:09

Setelah Lintasi Akpol Semarang, Jejak Iwan Budi Paulus Tak Terlacak Lagi

Lihat Foto Setelah Lintasi Akpol Semarang, Jejak Iwan Budi Paulus Tak Terlacak Lagi ASN Kota Semarang Iwan Budi Paulus yang dinyatakan hilang sejak Agustus 2022. (foto: istimewa).

Jakarta - Jasad yang ditemukan hangus terbakar tanpa kepala, kedua tangan, serta kaki kanan di kawasan Marina, Semarang, hingga kini memang belum diketahui identitasnya.

Namun, melihat sosok yang ditemukan bersama bangkai sepeda motor pada 8 September lalu itu mengarah ke Iwan Budi Paulus.

Iwan Budi Paulus merupakan pegawai negeri sipil di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang, Jawa Tengah, dilaporkan hilang pada 24 Agustus 2022 atau sehari sebelum diperiksa sebagai saksi di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng terkait dugaan korupsi pengalihan aset.

Baca jugaKematian Iwan Budi Paulus Berkaitan Perkara Korupsi yang Ditangani Polisi

PNS berusia 51 tahun itu tak lagi pulang ke rumah setelah berangkat bekerja pada Rabu pagi itu.

Meneruskan laporan Antara, keberadaan terakhir Iwan Budi Paulus terpantau melalui CCTV atau kamera pengawas saat ia melintas di depan Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang di Jalan Sultan Agung. Namun, setelah itu jejaknya tidak terlacak lagi.

Pihak keluarga kemudian melaporkan kasus hilangnya Iwan Budi Paulus pada 25 Agustus 2022 ke kepolisian.

Baca jugaIwan Budi Paulus Diduga Dibakar Dalam Kondisi Meninggal Dunia

Berselang sekitar dua pekan sejak hilangnya Iwan Budi atau pada 8 September 2022, polisi mendapat laporan dari penjaga lahan milik PT Family di kawasan Marina, Kota Semarang tentang penemuan sebuah bangkai sepeda motor yang sudah hangus terbakar dan ditemukan juga sesosok jasad yang sudah terbakar seluruhnya.

Temuan jasad yang hangus terbakar itu diduga mengarah pada sosok Iwan Budi Paulus. Hal tersebut diperkuat dengan temuan polisi di lokasi saat melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Bangkai sepeda motor yang ludes terbakar tersebut merupakan kendaraan dinas milik Pemerintah Kota Semarang bernomor polisi H 9799 RA yang memang merupakan sepeda motor operasional Iwan Budi Paulus.

Beberapa barang lain yang diamankan polisi dari lokasi penemuan itu, berupa tanda pengenal pegawai Pemerintah Kota Semarang milik Iwan Budi.

Baca jugaMenanti Tes DNA, Polisi Selidiki Kemunculan Api yang Jilati Jasad Iwan Budi Paulus

Selain itu, ditemukan pula komputer jinjing serta ponsel yang diduga milik Iwan Budi, serta sebilah pisau.

Polisi hingga kini belum bisa memastikan jasad yang terbakar itu merupakan Iwan Budi Paulus.

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol. Irwan Anwar mengatakan untuk memastikan hal itu harus menunggu hasil tes DNA yang dicocokkan dengan sampel milik keluarga Iwan Budi Paulus.

Polisi sudah mengambil sampel darah dari kedua anak Iwan Budi untuk dicocokkan dengan jasad yang terbakar ini.

Pemeriksaan DNA yang harus dilakukan di Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri tersebut membutuhkan waktu sekitar dua pekan. [Antara]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya