News Kamis, 03 Maret 2022 | 10:03

Tepis Tudingan Langgar Konstitusi, KOBAR: Kami Hanya Meminta Sidang MPR untuk Amendemen UUD 1945

Lihat Foto Tepis Tudingan Langgar Konstitusi, KOBAR: Kami Hanya Meminta Sidang MPR untuk Amendemen UUD 1945 Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR) Kota Pematangsiantar gelar deklarasi Jokowi 3 periode. (Foto: dok/Opsi).

Jakarta - Deklarator Nasional Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR), Arnold L Panjaitan mengatakan keinginan rakyat Pematangsiantar terkait Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat memimpin tiga periode dipastikan bukan dengan cara melanggar konstitusi.

Menurutnya, keinginan rakyat agar Jokowi 3 periode sah-sah saja dan harus dilakukan sesuai proses dan mekanisme Konstitusi yang berlaku di Republik Indonesia. Maka itu ia meminta MPR membuka kota pandora untuk mengamendemen Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

"Kalau masyarakat usulkan Jokowi 3 Periode, itu sah-sah saja di negara demokrasi ini. KOBAR siap mengawal dan menyampaikan aspirasi itu ke Sidang MPR nantinya," tutur Arnold dalam kegiatan bertajuk #2024SetiaBersamaJokowi di Kota Pematangsiantar, Sumatra Utara (Sumut), Rabu, 2 Maret 2022.

Baca juga: Pro Jokowi Tiga Periode, KOBAR Pematangsiantar Usulkan MPR Amendemen UUD 1945

Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR) Kota Pematangsiantar gelar deklarasi Jokowi 3 periode. (Foto: dok/Opsi).

"Jika ada yang bilang kami melanggar Konstitusi, pemahaman itu salah besar. Kami hanya meminta agar MPR menggelar Sidang untuk melakukan Amendemen UUD 1945. Jadi kita tetap berjalan sesuai dengan mekanisme yang berlaku," ujar dia lagi.

Senada, Korda KOBAR Sumut, Swangro Lumbanbatu mengatakan siap mengawal aspirasi rakyat terkait Jokowi 3 Periode.

"Kita siap mengawal aspirasi rakyat. Hari Jumat depan kita akan kumpul di Kota Medan bersama semua ketua-ketua KOBAR se-Sumatra Utara untuk menyolidkan barisan," katanya.

Baca juga: KOBAR Deklarasi Setia Bersama Jokowi: Jalankan Arahan Presiden di 2024

Pihaknya merasa harus berani mengapresiasi apa yang benar, karena rakyat ia nilai sudah merasakan betul pembangunan masif dan berkesinambungan di era Jokowi menjabat sebagai RI-1.

"Di masa Pak Jokowi, pembangunan berjalan baik, misalnya jalan tol, bendungan, pelabuhan, bandara, dan segi pendidikan, serta kesehatan," kata dia.

"Kita harus berani katakan Jokowi 3 Periode. Kita bukan melanggar konstitusi. Namun, kalau rakyat sudah minta Jokowi melanjutkan lagi, apa mau kita bilang? Tidak ada alasan kita untuk tidak mendukung Jokowi supaya 3 periode. Jadi 2024 kita harus setia kawal Jokowi," ujarnya.

Seperti diketahui, KOBAR menggelar Deklarasi Setia Bersama Jokowi di jalan Sangnawaluh, Kota Pematangsiantar.

Deklarasi ini dihadiri juga oleh Koordinator Daerah KOBAR Sumatera Utara, Swangro Lumbanbatu dan Ketua KOBAR Pematangsiantar Junus A Sembiring. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya