News Rabu, 12 Januari 2022 | 19:01

Tinjau Kereta Cepat Indonesia-China, Luhut Temukan Masalah

Lihat Foto Tinjau Kereta Cepat Indonesia-China, Luhut Temukan Masalah Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (tengah) tinjau pengerjaan proyek kereta cepat di Purwakarta. foto: Pemkab Purwakarta.

Jakarta - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meninjau pengerjaan terowongan (Tunnel 2) proyek Kereta Cepat Indonesia China, rute Jakarta-Bandung di Desa Bunder, Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Rabu.

"Lokasi tanah di sekitar Tunnel 2 sedikit lempung, tapi itu dapat diatasi dengan baik," kata Menko Luhut Pandjaitan kepada wartawan di Purwakarta, dikutip Opsi, Rabu, 12 Januari 2022. 

Sebelum meninjau terowongan, Menko Luhut terlebih dahulu mendengarkan paparan dari pihak pengembang proyek strategis nasional (PSN) tersebut.

Ia mengatakan, sesuai dengan penjelasan ahli, masalah kondisi tanah yang lempung itu bisa teratasi. Bahkan penyelesaian terowongan itu ditargetkan selesai pada April 2022.

Sebelumnya, Luhut menduga kalau struktur tanah di lokasi proyek banyak tanah lempung yang dapat mengganggu proyek.

Namun, ternyata kondisi saat ini semakin baik dan terus dikerjakan ke dalam, karena menurutnya di atas sudah dibor dan dicor dengan bahan beton.

"Menurut ahli-ahli, ini bisa menahan goyangan," kata Luhut.

Dalam kunjungannya itu Menko Luhut menggunakan kereta api dan transit di Stasiun Ciganea, Purwakarta. Hadir pada peninjauan tersebut Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dan jajaran Forkopimda Purwakarta. []

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya